Sempat Ditolak, Kini Nintendo dan Microsoft Justru Inginkan Seri Yakuza

in
Nintendo dan Microsoft inginkan seri Yakuza.

Seperti yang telah kita ketahui, seri Yakuza merupakan game yang sebelumnya dibuat secara eksklusif untuk PlayStation dengan debut awalnya di PlayStation 2, yang berlanjut hingga PlayStation 4. Namun seiring berjalannya waktu, seri tersebut rupanya juga rilis di Nintendo Wii U yang berakhir dengan penjualan yang sangat buruk di Jepang. Hal tersebut mungkin takkan terjadi jika Nintendo dan Microsoft menginginkannya.


Dilansir majalah Edge (via Resetera), Executive Producer Toshihiro Nagoshi mengatakan bahwa saat mereka telah merilis gamenya bersama Sony, ia juga telah selesai melakukan presentasi gamenya kepada Nintendo dan Microsoft. Sayangnya, mereka menolaknya mentah-mentah. “Kini mereka menginginkan Yakuza, mereka tak mengerti kenapa aku membuatnya (tertawa)” imbuhnya.

Nagoshi menjelaskan kenapa Yakuza menargetkan fans laki-laki di Jepang secara spesifik dan kesulitan apa yang mereka hadapi kala itu. Ia mengatakan bahwa bersaing dengan game barat yang miliki kualitas dan budget yang tinggi merupakan hal yang sangat sulit bagi perusahaan Jepang. Mereka mau tak mau harus membuat game olah raga, militer, atau fantasy dan merilisnya secara global untuk bisa menyainginya. “Aku membuang beberapa dari hal tersebut hingga tersisa sebuah ide hanya untuk menargetkan laki-laki Jepang” pungkasnya.



Ia kemudian melakukan presentasi Yakuza dua kali dan ditolak oleh bosnya. Beberapa bulan kemudian, Sega bergabung dengan Sammy karena masalah finansial. Melihat kesempatan tersebut, Nagoshi kembali lakukan presentasi pada bosnya yang baru dan disetujui. “Bosku menyetujuinya, namun CEO kami sangat marah atas keputusan tersebut. Ia mengatakan bahwa keputusan tersebut sangat tidak adil (tertawa)”. Beberapa inspirasi gamenya diambil dari pengalaman pribadinya, termasuk Kiryu yang merupakan nama asli dari orang yang pernah Nagoshi temui. “Aku menggunakan nama orang yang kusukai atau yang memperlakukanku dengan sangat baik dalam gamenya hingga saat ini”.

Terakhir ia membicarakan tentang seri baru Yakuza dengan codename Shin Yakuza dan mengatakan bahwa gamenya akan cukup hardcore di awal namun menarik di tengah cerita. Ia juga berharap bisa memperkenalkan kembali Kiryu pada player baru meskipun ceritanya telah berakhir.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).