Sempat Ditunda, Ini Tampilan Dukungan Aplikasi Android Pada Windows 11

Android Windows 11

Akhirnya, kita sudah bisa menjalankan aplikasi Android secara native pada Windows 11.

Sebelumnya, Windows 11 memang menawarkan kepada para penggunanya di mana mereka dapat menjalankan aplikasi Android pada Windows 11. Namun, karena fitur yang diusung dirasa belum sempurna, Microsoft terpaksa mengundurnya untuk beberapa waktu. Dan kini, Microsoft mulai pamerkan tampilan dukungan aplikasi Android pada Windows 11.

Terbatas untuk Pengguna Windows Insider

Untuk dapat mencicipi fitur yang mampu menjalankan aplikasi Android secara native ini, kamu harus mendaftar sebagai partisipan di Windows Insider. Artinya, dukungan aplikasi Android pada Windows 11 ini masih dalam tahap percobaan. Pertimbangan oleh Microsoft ini termasuk wajar, mengingat kemungkinan dukungan aplikasi Android ini belum sempurna.

Pihak TheVerge pun tertarik untuk mencoba bagaimana rasanya menjalankan aplikasi Android pada Windows 11 dengan kedua perangkat yang mereka miliki. Dalam pengujian tersebut, mereka akan mencoba menjalankannya menggunakan PC Gaming dengan spesifikasi Intel Core i9-11900K dan Microsoft Surface Pro X.

Hasilnya pun terbilang ‘oke’ untuk saat ini, karena kedua perangkat tersebut mampu menjalankan semua aplikasi Android layaknya aplikasi bawaan Windows. Namun seperti yang sebelumnya disinggung di atas, dukungan ini masih belum bisa dibilang sempurna karena beberapa permasalahan seperti CPU Utilization.

Ketika menjalankan beberapa aplikasi Android sekaligus secara bersamaan, seketika tampilan Windows terasa berat selama beberapa saat. Selang waktu berjalan, CPU Utilization kembali normal, menjadikan semua aplikasi Android dapat digunakan kembali tanpa masalah.

Windows Subsystem Khusus Android

Untuk dapat menjalankan aplikasi Android secara native, Windows 11 membutuhkan subsystem khusus Android pada sistem operasinya. Teknologi inti inilah yang mampu menopang dan menjalankan semua aplikasi berbasis Android pada sistem operasi Windows 11 tersebut.

Layaknya menggunakan bantuan virtual machine, namun secara keseluruhan pengalaman menjalankan aplikasi Android pada Windows 11 ini termasuk memuaskan. Menjalankan aplikasi Android ini dapat dengan mudah dilakukan, bahkan ketika kamu menggunakannya bersamaan dengan aplikasi berbasis Windows sekalipun.

Meski masih belum sempurna, tapi gimana menurut kalian, brott? Dengan ini, kita tidak perlu menggunakan Android Emulator untuk dapat menjalankannya pada komputer atau laptop, bukan?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version