Semua Keputusanmu di Cyberpunk 2077 Bisa Menghasilkan Konsekuensi yang “Semrawut”


Follow Us

Tidak ada hubungannya tentang baik dan buruk ?

Memang masih lama untuk menunggu game ini bisa secepatnya hadir di permukaan. Namun, bisa dipastikan bila dirilisnya Cyberpunk 2077 akan menimbulkan banyak kejutan dan kemeriahan yang begitu luar biasa bagi para gamer AAA di seluruh dunia. Sembari kalian mencoba sedikit bersabar, telah dikabarkan bahwa game ini sendiri rencananya masih tetap akan mengikuti jejak dari game-game CD Projekt Red terdahulu dalam menyajikan hal-hal yang berbau anti linear ataupun bercabang.

Nulis artikel dibayar

Meski akan hadir dalam format first-person dan juga open world, Cyberpunk 2077 tetap dipastikan akan memiliki beranekaragam penggambaran cerita yang sekiranya dapat memacu emosimu. Dikonfirmasikan langsung oleh Mike Pondsmith selaku pencipta dari franchise Cyberpunk saat diwawancarai oleh seorang youtuber bernama LastKnownMeal, beliau mengungkapkan bila segala hal yang kalian lakukan di Cyberpunk 2077 ini akan mendatangkan sebuah konsekuensi yang tak bisa ditebak.

BACA JUGA  Karakter Keanu Reeves di Cyberpunk 2077 adalah Sesosok "Hantu Digital"

Beliau lalu menjelaskan lebih detail jika konsekuensi yang dimaksud sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal baik dan hal jahat. Sehingga meski kalian merasa perbuatan yang kalian lakukan itu baik, sama sekali tidak menjamin bahwa permainanmu di game ini kedepannya akan menjadi jauh lebih mudah dan lancar.

Pondsmith memberi sedikit contoh apabila kalian sempat membunuh satu saja seorang anggota geng, di mana para anggota geng yang lain nantinya akan selalu mengingat dan ingin memburumu demi membalaskan dendam. Dalam situasi yang berbeda, hal tersebut nampaknya juga akan berlaku apabila kalian secara sengaja atau tidak membunuh seorang civilian dan pihak aparatur pemerintah, atau melakukan aktivitas-aktivitas lainnya

Terkadang karma tidak selalu diukur dari baik-jahat ataupun gelap-terang. Hal-hal mengejutkan secara tidak diduga kadang bisa terjadi menimpa dirimu kapan saja.

Dulu saya dan temanku pernah bercanda seperti ini; “bayangkan bila pada waktu itu kalian sedang mengemudi di jalan tol, lalu ada seseorang yang menyalibmu secara tak sopan, dan kamu berhasil membalasnya dengan menyalib balik orang itu. Dan di saat kalian hendak ke bank, kalian rupanya melihat bahwa orang yang sudah kalian salib itu ternyata adalah orang yang bekerja di sana.” Hal seperti ini kadang pernah terjadi.

Mike Pondsmith – pencipta franchise Cyberpunk

Jika kalian pahami, konsep gameplay seperti ini sebenarnya juga sempat kalian jumpai di dalam seri game The Witcher. Namun kita masih belum tahu seberapa jauhkah sistem “konsekuensi” tersebut akan diterapkan dalam Cyberpunk 2077 ? Apakah memang benar-benar akan diimplementasikan ke skala yang lebih luas di dalam keseluruhan aspek gameplaynya demi menghasilkan suatu game yang betul-betul revolusioner ? Kita lihat saja nanti.

BACA JUGA  5 Hal Keren yang Diharapkan Hadir Pada Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 saat ini belum memliki tanggal kepastian rilis karena gamenya sendiri masih berada di dalam tahap pengerjaan.

Sumber: LastKnownMeal


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item