Semua Pemain Overwatch di Belgia Sudah Tidak akan Bisa Lagi Membeli Loot Boxes

in , , ,
Sumber gambar: Myminifactory

Tidak mau cari gara-gara dengan pihak pemerintah Belgia.

Sejak bulan April lalu, pemerintah Belgia sudah resmi memberi pernyataan bahwa keberadaan Loot Boxes berbayar di sebuah video game sudah dianggap sangat bertentangan dengan berbagai ketentuan yang mengatur soal hukum perjudian di negara tersebut. Mereka sendiri pun akhirnya telah menunjuk beberapa game seperti FIFA 18, CS:GO, sampai ke Overwatch sebagai sedikitnya contoh dari bentuk-bentuk pelanggaran terkait, lalu memberi semacam ultimatum lewat ancaman denda dan pidananya untuk segera menghapus layanan tersebut secara langsung.

Akan tetapi, bulan April sudah begitu lama berlalu. Publisher-publisher yang gemar menerapkan fitur loot boxes berbayar itu nampaknya tidaklah terlalu serius dalam menanggapi ancaman yang dilontarkan oleh pihak pemerintah Belgia. Setelah sebelumnya ada Valve yang resmi menarik fitur loot boxesnya di CS:GO pada sekitar sebulanan yang lalu, Blizzard sebagai publisher dari Overwatch, justru sekarang baru mulai mengindahkan peringatan keras dari mereka tersebut.

Game Free to play dari mereka juga kena ?

Entah angin apa yang tiba-tiba mendatangi Blizzard ? Yang jelas, mereka baru-baru ini telah mengumumkan melalui forum resmi di websitenya bahwa fitur loot boxes berbayar di game Overwatch akan mereka cabut secara khusus untuk para pemain yang tinggal di negara Belgia. Tidak hanya untuk game Overwatch saja, fitur loot boxes yang terdapat pada game free to play Heroes of the Storm pun juga mereka hapus di sana.

Statement resmi Blizzard atas larangan Loot Boxes dari pihak pemerintah Belgia

Dalam statementnya, pihak Blizzard memang sangat begitu terpaksa untuk mengikuti apa yang diminta oleh pemerintah Belgia. Meski begitu, nampaknya mereka juga masih ingin mencoba merundingkan hal ini kembali kepada komisi dunia pervideogame-an belgia beserta dengan menteri keadilan setempat. Bersamaan dengan hal itu, sayangnya kita masih belum mendapat kabar mengenai respon dari pihak publisher-publisher game lain selain Blizzard dan Valve yang tak ketinggalan juga mendapat teguran khusus.

Apakah menurut kalian hal yang dilakukan oleh pemerintahan Belgia terkait dengan fenomena loot boxes cukup tepat sasaran dan efektif sejauh ini ?

Sumber: Forum Blizzard

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]