Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang RAM – Fungsi, Cara Kerja, dan Lain-lain

Semua Tentang Ram

Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari perangkat elektronik, khususnya konsol, smartphone, dan komputer. Kapasitas RAM yang dibutuhkan setiap pengguna bervariasi tergantung kebutuhan. Biasanya, RAM merupakan salah satu spesifikasi yang paling sering dipertimbangkan sebelum membeli perangkat elektronik tersebut.

Saat ini, kapasitas RAM smartphone bervariasi mulai dari 1, 2, hingga 16 GB. Sedangkan untuk komputer atau laptop, umumnya kapasitas RAM yang ditawarkan bervariasi mulai dari 4 hingga 16 GB. Tidak ada ukuran pasti untuk komputer atau laptop karena pengguna dapat melakukan upgrade RAM di kemudian hari.

Biar brott semua gak bingung, berikut kami rangkum segala sesuatu tentang RAM secara singkat.

Apa Itu RAM

Seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas, RAM merupakan komponen berkecepatan tinggi yang menyimpan semua informasi secara sementara. Semua informasi yang dibutuhkan perangkat saat ini maupun dalam waktu dekat akan tersimpan secara sementara pada RAM. Semua informasi yang tersimpan secara sementara pada RAM dapat diakses secara cepat dibandingkan pada hard drive konvensional.

RAM tidak mengingat semua informasi selamanya, karena begitu kehilangan daya, RAM akan melupakan semua informasi yang ada. Dengan cara kerja seperti itulah RAM mampu menangani banyak tugas, termasuk multi-tasking yang dilakukan oleh pengguna setiap harinya.

Pada konsol dan smartphone, RAM ditanam sedemikian rupa pada perangkat tersebut, sehingga kapasitasnya tidak bisa ditambah. Sedangkan pada komputer dan laptop, beberapa brand memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menambah kapasitas RAM.

Fungsi RAM

Fungsi RAM adalah menyimpan berbagai informasi dan aplikasi yang sedang digunakan oleh penggunanya untuk sementara waktu. Dengan menyimpan informasi pada RAM, maka semua proses yang akan terjadi menjadi jauh lebih cepat. Sebelum disimpan pada RAM, berbagai informasi dan aplikasi yang ada pada ponsel termasuk sistem operasi tersimpan di penyimpanan internal perangkat.

Ketika dibutuhkan, kumpulan informasi tersebut akan dimasukkan ke dalam RAM agar perangkat yang kita gunakan mengaksesnya dengan cepat. Ketika ada aplikasi yang tidak digunakan, RAM akan menghapusnya agar jumlah RAM yang digunakan tadi bisa digunakan oleh aplikasi lainnya.

Nah, ketika kamu merestart smartphone atau komputermu, makan semua informasi yang ada pada RAM akan hilang dan terhapus secara otomatis.

Pengaruh Kapasitas Dan Kecepatan RAM

RAM juga berguna untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, tanpa mengorbankan performa perangkat secara keseluruhan yang disebut multitasking. Kapasitas RAM yang memadai akan dapat memudahkan pengguna ketika membuka lebih dari satu aplikasi. Kapasitas RAM yang memadai berpengaruh langsung ke performa perangkat, sehingga penggunaan perangkat akan menjadi jauh lebih efisien dan lebih cepat.

Nah, ketika pengguna ingin menggunakan aplikasi lainnya, mereka bisa langsung memakainya tanpa harus menunggu lama.

Hal ini berlaku juga untuk komputer dan laptop, dimana semakin besar kapasitas RAM, akan semakin memudahkan pengguna ketika multitasking. Melakukan pengeditan gambar dan video juga membutuhkan kapasitas RAM yang memadai agar proses tersebut tidak lambat.

Selain kapasitas, kecepatan RAM juga turut menyumbang proses percepatan multitasking, karena kinerja RAM berkaitan erat dengan kecepatan dan latensi. Kecepatan RAM akan lebih berpengaruh pada perangkat komputer dan laptop karena banyaknya data yang disimpan. Sedangkan latensi akan berpengaruh untuk segala pemrosesan data dari CPU ke RAM.

Performa Dipengaruhi Oleh RAM

Seperti yang disinggung sebelumnya, performa smartphone dan komputer akan ditentukan oleh kapasitas RAM yang memadai. Semakin besar RAM, maka akan semakin besar pula kapasitas informasi yang bisa disimpan sementara untuk multitasking.

Sebaliknya, bila kapasitas RAM kurang memadai, maka perangkat akan membaca data aplikasi tersebut berulang kali dari penyimpanan internal perangkat. Dampaknya adalah proses akan menjadi lebih lambat bila dibandingkan dengan perangkat yang memiliki RAM yang lebih besar.

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa performa perangkat secara keseluruhan akan sangat dipengaruhi oleh RAM.

Intinya, Perlukah RAM Berkapasitas Tinggi?

Setelah membahas beberapa poin di atas, tentu kalian akan bertanya, apakah kita membutuhkan RAM berkapasitas tinggi? Jawaban tersebut akan dikembalikan kepada para pengguna, karena kapasitas RAM harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Karena, semakin besar kapasitas RAM yang kalian perlukan, maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Bila penggunaan pada smartphone hanya sebatas untuk browsing dan WhatsApp-an, setidaknya pengguna akan membutuhkan RAM sebesar 2 GB. Begitu pula bila penggunaan smartphone lebih ke gaming, maka setidaknya pengguna membutuhkan RAM sebesar 4 GB. Saran dari penulis adalah dengan membeli smartphone dengan RAM minimal 4 GB agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu. Hal serupa berlaku juga untuk perangkat komputer dan laptop. Setidaknya, untuk zaman sekarang dan untuk berbagai macam keperluan, komputer dan laptop membutuhkan setidaknya RAM 8 hingga 16 GB.

Nah, itulah beberapa pengertian tentang RAM yang digunakan pada perangkat elektronik yang sering kita gunakan. Gimana, kalau ada yang kurang, silahkan tambah di kolom komentar ya brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version