Senjata Mana yang Terbaik untuk Kalian di Monster Hunter Rise?

in ,
Rise

Tanggal 26 Maret 2021, instalasi terbaru dari seri Monster Hunter, Monster Hunter Rise, dirilis untuk platform Nintendo Switch. Game sebelum Rise, Monster Hunter World, mengambil gaya visual dan gameplay yang berbeda drastis dengan game-game Monster Hunter lama. Monster Hunter Rise bisa dibilang sebagai game Monster Hunter paling definitif sekarang ini, karena Rise menggabungkan semua unsur terbaik dari World dan game Monster Hunter sebelum World.

Oleh karena itu, Monster Hunter Rise disambut dengan hype yang besar dan datangnya gelombang pemain baru yang belum pernah menyentuh game Monster Hunter sebelumnya. Salah satu hal yang mungkin membingungkan bagi pemain awam adalah pilihan senjata. Dengan 14 pilihan senjata yang berbeda, mungkin akan memakan waktu cukup lama bagi pemain baru untuk menemukan senjata favorit mereka.

Tapi, jangan khawatir. Di sini saya akan bantu kalian untuk pilih senjata favorit kalian lebih cepat.


Great Sword

Monster Hunter Rise Great Sword

Lambat, berat, dan damage yang ga ngotak. Great Sword adalah salah satu senjata paling sulit digunakan di Monster Hunter, terlebih lagi bagi kalian yang sudah terbiasa dengan game action ‘anime’ seperti Genshin Impact. Dengan gerakan yang terbatas dan animasi yang lambat, pemain Great Sword wajib memprediksi gerakan monster dengan tepat.

Jika kalian bersedia dengan syarat tersebut, kalian akan mendapat senjata dengan burst damage terbesar dalam Monster Hunter Rise.

 

Long Sword

Mh2

Dengan bentuk senjata yang mirip katana serta animasi yang mirip dengan seni bela diri Jepang, Long Sword adalah pilihan terbaik bagi kalian yang suka hal jejepangan. Long Sword adalah senjata agresif yang menjadi semakin kuat seiring waktu dalam tiap hunt. Serangan biasa bisa mengisi Spirit Meter kalian, dan meter bisa digunakan untuk Spirit Slash, memperkuat Long Sword kalian. Long Sword juga memiliki serangan ‘parry’ untuk meng-counter serangan monster.

 

Sword and Shield

Monster Hunter Rise Sword and Shield: Best builds, attacks, tips, and tricks | iMore

Seringkali diolok sebagai ‘senjata pemula’ Monster Hunter, Sword and Shield adalah senjata jack of all trades dengan moveset yang bisa menangani situasi apapun. Butuh damage cut? Jadi. Butuh damage blunt? Tinggal pukul pakai shield. Butuh block? Ada shield. Butuh gerak cepat? Serangan Sword and Shield rata-rata cepat dan ringan. Monster terbang? Sword and Shield juga bisa lompat. Bahkan kalian juga bisa pakai item tanpa sheath weapon. Apapun bisa ditangani dengan Sword and Shield.

 

Dual Blades

Monster Hunter Rise Dual Blades Guide | SegmentNext

Mau senjata wibu, tapi Long Sword terlalu berat buat kalian? Cobalah Dual Blades. Dual Blades memiliki ‘keringanan’ yang sama dengan Sword and Shield, namun mengorbankan pertahanan untuk damage lebih besar. Kemampuan spesial Dual Blades adalah “Demon Mode”, mode yang meningkatkan serangan kalian, memperbarui animasi serangan, dan mengubah dodge roll kalian menjadi lari Naruto — dengan bayaran stamina kalian.

 

Hammer

Monster Hunter Rise Hammer Guide | SegmentNext

Senjata bagi para pemberani dan pengambil resiko. Hammer adalah senjata agresif dengan tipe damage blunt, yang berarti bahwa senjata ini paling optimal digunakan pada kepala monster: area paling berbahaya pada tiap monster. Jika kalian siap melawan semua serangan paling berbahaya dari monster yang kalian buru, maka Hammer akan berikan kalian damage yang tidak ada duanya.

 

Hunting Horn

Monster Hunter Rise: Hunting Horn is the New MVP | Attack of the Fanboy

Dengan fokus pada efek buff menggunakan lagu-lagunya, Hunting Horn cocok bagi teman-teman yang hobi main support atau healer di MMORPG. Tapi, jangan salah paham: Hunting Horn tidak sekedar ‘senjata support’. Meskipun kalian main solo, Hunting Horn bisa menggunakan self buff dan serangan blunt untuk mengalahkan monster apapun.

Di Monster Hunter Rise, Hunting Horn jauh lebih mudah untuk dimainkan, karena pemain tidak perlu lagi menghafal not-not lagu yang berbeda tiap senjata.

 

Lance

Monster Hunter Rise Lance Guide | SegmentNext

Senjata paling defensif, dengan pertahanan terkuat di seluruh Monster Hunter. Lance juga merupakan senjata terberat, sehingga kalian akan kesulitan untuk bergerak. Tapi, dengan pertahanan sekuat itu, siapa yang perlu gerak? Keunikan dari Lance adalah shield-nya yang mampu menepis serangan apapun, dan kombo-nya yang tergolong simpel, bahkan lebih simpel dari Sword and Shield.

 

Gunlance

Gunlance

Suka playstyle defensif Lance, tapi kombonya terlalu membosankan buat kalian? Cobalah Gunlance. Gunlance bisa dibilang versi lebih ofensif dari Lance, yang mengorbankan gerakan untuk damage lebih besar menggunakan ledakan. Gunlance adalah senjata yang cukup boros sharpness, tapi jika kalian tidak punya masalah dengan itu, Gunlance berikan damage dan pertahanan yang besar.

 

Switch Axe

Swaxe

Sesuai dengan namanya, Switch Axe adalah kapak yang bisa ‘switch’ menjadi pedang. Mode kapak memiliki range besar dan animasi yang cepat, sedangkan mode pedang mengorbankan kecepatan dan range tersebut untuk damage yang lebih besar. Jika kalian mau senjata yang bisa berubah playstyle di tengah hunt, maka Switch Axe mungkin cocok buat kalian.

 

Charge Blade

Monster Hunter Rise: Charge Blade Guide (Moveset, Combos, & More)

Charge Blade adalah senjata paling teknis di Monster Hunter Rise. Mirip dengan Switch Axe, Charge Blade memiliki 2 mode, yaitu mode pedang (dan perisai), dan mode kapak. Bedanya adalah untuk Charge Blade, mode kapak memiliki damage lebih besar. Charge Blade memiliki meter ‘phial’ yang bisa diisi dengan serangan pedang, lalu mode kapak bisa menggunakan phial untuk mengeluarkan serangan berdamage besar. Gunakan Charge Blade jika kalian suka senjata/karakter yang sulit dipakai.

 

Insect Glaive

Monster Hunter Rise - Insect Glaive Weapon Guide – SAMURAI GAMERS

Hobi menggunakan Xiao di Genshin Impact? Maka senjata ini untuk kalian. Insect Glaive adalah senjata tombak yang berspesialisasi dalam pertarungan udara. Pengguna Insect Glaive bisa melompat tinggi, dan menggunakan serangan-serangan yang hanya bisa digunakan di udara. Insect Glaive juga memiliki serangga Kinsect yang mampu ditembakkan ke arah monster untuk memberikan buff ke pengguna.

 

Bow

Bow | Monster Hunter Rise Wiki

Bow adalah salah satu dari 3 senjata ranged di Monster Hunter Rise. Bow memiliki range paling rendah di antara ketiga senjata ranged. Sebagai gantinya, Bow memiliki mobilitas yang tinggi, dan serangan-serangan kombo yang tidak dimiliki dua senjata ranged lainnya, sehingga Bow bisa dibilang titik tengah antara senjata melee dan ranged. Jika hal itu terdengar keren, cobalah pakai Bow.

 

Light Bowgun

Monster Hunter Rise: Bow/Gun Guide (Tips, Tricks, & Strategies)

Light Bowgun bisa dibilang sebagai ‘assault rifle’ Monster Hunter Rise. Light Bowgun adalah senjata yang cukup ringan dan memiliki kebebasan pergerakan yang cukup baik. Light Bowgun tidak memiliki gerakan bervariasi seperti Bow, namun Light Bowgun menggantinya dengan pilihan tipe peluru yang efeknya bermacam-macam. Gunakan Light Bowgun jika kalian ingin senjata ranged yang bisa menangani tipe monster apapun.

 

Heavy Bowgun

Monster Hunter Rise Heavy Bowgun Guide | SegmentNext

Jika Light Bowgun adalah assault rifle, maka Heavy Bowgun adalah LMG. Sesuai dengan namanya, Heavy Bowgun lebih berat, dan gerakan kalian menjadi lebih lambat. Lalu, apa untungnya pakai Heavy Bowgun? Tentu saja, damage. Attack Heavy Bowgun tergolong lebih tinggi, dan pilihan peluru Heavy Bowgun lebih terfokus pada damage.

 

Jadi, dengan pilihan-pilihan di atas, senjata mana yang mau kalian geluti di Monster Hunter Rise?

Monster Hunter Rise bisa dimainkan di Nintendo Switch, dan dijadwalkan untuk PC awal 2022.


Untuk membaca artikel tentang Monster Hunter dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.