Seorang Ayah Berhasil Membayar Pengobatan Anaknya Karena Bantuan Komunitas Team Fortress 2

tf2 meet your match2

Siapa sangka jika komunitas sebuah game dapat membantu kesulitan orang lain? Komunitas gamer sering dianggap bertingkah toxic dan penuh komplain. Namun hal tersebut tampaknya akan sedikit merubah pemikiran kita setelah mendengar cerita seorang pembuat map yang berhasil membiayai pengobatan anaknya serta tetap mempertahankan rumahnya hanya dari uang yang dia dapatkan dari membuat sebuah custom map Team Fortress 2.

Seorang pembuat custom map PL_Swiftwater yaitu What Is Schwa? mengalami tahun 2016 yang amat sulit baginya. Anaknya didiagnosis keracunan timah hitam (lead poisoning) yang datang dari lingkungan rumahnya sendiri. Sosok ayah ini harus dibebani oleh biaya pengobatan anaknya sekaligus biaya remediasi rumahnya yang apabila tidak diurus, mereka terpaksa untuk mencari rumah baru. Schwa dan istrinya awalnya kesusahan oleh kedua biaya tersebut dan hampir putus asa, hingga pada akhirnya Valve mengangkat map buatannya sebagai official map untuk TF2 lewat patch yang dirilis pada 7 Juli 2016.

Hal tersebut membuat mapnya diperbolehkan untuk sistem “Map Stamp” yang diusung oleh Valve untuk TF2. Lewat Map Stamp ini, pemain dapat memberikan donasi uang kepada pembuat map tersebut. Sebagai imbalannya, mereka dapatkan item topi khusus dengan efek partikel spesial tiap kali mereka bermain di map tersebut.

Lewat donasi Map Stamp ini, Schwa mengungkapkan bahwa mereka kini bisa mengurus biaya pengobatan sekaligus remediasi rumahnya agar aman ditinggali menurut standar departemen kesehatan. Schwa mengabarkan jika kondisi anaknya saat ini terus membaik dan diharapkan tidak mengalami efek jangka panjang dari penyakitnya. Pada thread yang dia tulis di Reddit, dia menuliskan: “Kini aku bisa tidur tenang mengetahui aku tidak merusak hidup anakku. Kalian semua sangat membantu kami.”

Pada akhir threadnya, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain setia yang bermain di versi awal map tersebut, pemain yang telah mendukung mapnya untuk menjadi official, dan tentu saja Valve yang mengangkat mapnya menjadi official map sekaligus menerapkan sistem donasi lewat Map Stamp yang sangat meringankan beban keluarganya, faith in humanity restored.

Exit mobile version