Seorang Ayah Buat Mod Xbox Adaptive Controller pada Nintendo Switch untuk Anaknya yang Mempunyai Disabilitas


Tahun 2018 kemarin Microsoft memperkenalkan Xbox Adaptive Controller yang digunakan untuk memainkan game Xbox dengan lebih mudah lagi untuk orang berkebutuhan khusus. Sayangnya controller tersebut hanya dapat digunakan untuk perangkat dari Microsoft sebelum seorang bernama Rory Steel berusaha untuk memodifikasinya. Dia mencoba membuat Xbox Adaptive Controller agar dapat digunakan diperangkat Nintendo Switch.

Dengan kecerdikannya dan beberapa aksesoris yang dia beli dari ebay Rary Steel berhasil membuat Xbox Adaptive Controller yang dapat digunakan untuk Nintendo Switch. Kerja kerasnya tersebut adalah semata-mata untuk membuat putrinya bahagia karena dia menginginkan bermain Zelda: Breath Of The Wild bersama dengan teman-temannya.

Dengan menggunakan Xbox Adaptive Controller dan memproyeksikan Nintendo Switchnya kedalam monitor LCD maka putri dari Rary Steel yang memiliki disabilitas dengan mudah dan nyaman memainkan game Zelda: Breath Of The Wild. Walaupun masih sedikit lebih rumit dan masih banyak kabel dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat Xbox Adaptive Controller pada Nintendo Switch, Rory Steel sangat termotivasi untuk memaksimalkan mod buatannya tersebut.

Bos Xbox yaitu Phil Spencer bahkan menyanyjung buah kerja dari Rory Steel tersebut. Sebelumnya pada E3 2018 kemarin Microsoft mengatakan ingin melihat Xbox Adaptive Controller tersebut bekerja untuk perangkat PS4 maupun Nintendo Switch. Meskipun hanya sebuah mod saja sepertinya keinginan Microsoft tersebut ternyata menjadi nyata.