Seorang Bunda Asal Jepang Sedih Saat Tahu Anaknya Main Game RPG Pakai Guide dari Internet


Orang tua zaman now agaknya bisa dikatakan memiliki kekhawatiran berlebih ketika anak-anaknya gemar bermain video game. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang menjadikan video game sebagai kambing hitam atas berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Tentu tidak semua orang tua bersikap demikian, salah satunya seperti seorang bunda asal Jepang dengan akun Twitter bernama Rokutosei misalnya, dimana selain mengajarkan buah hatinya untuk jadi pribadi yang baik hati, tidak sombong dan rajin menabung, sang bunda juga merasa bertanggung jawab untuk mengajarkannya bermain video game dengan baik untuk pengalaman bermain yang maksimal.

Dilansir dari Sora News 24, sang bunda mengeluarkan curhatan dimana buah hatinya seharusnya memainkan sebuah game RPG sebagaimana mestinya, seperti menjelajahi semua seluk beluk tempat dan berbicara dengan semua NPC demi melanjutkan progress permainan misalnya, ketimbang melihat guide atau panduan-panduan dari internet.

Lebih lanjut, ia menceritakan sedikit masa lalunya ketika memainkan game-game RPG, dimana ia mengaku sangat engaged dan belajar banyak hal selama permainan berlangsung. Secara spesifik, dirinya menyebutkan bahwa sesosok NPC terkadang memberikanmu petunjuk-petunjuk yang bisa kamu manfaatkan untuk progress permainan dengan cara yang berbeda. Sang bunda mengaku sangat senang ketika menemukan detail-detail kecil tersebut, dan ia menegaskan bahwa seperti itulah seharusnya game RPG dimainkan.

Semenjak artikel ini ditulis, cuitan sang sang bunda telah mendapatkan lebih dari 15 ribu retweet dan hampir 50 ribu like. Berbagai netizen kemudian juga datang menyuarakan pendapatnya atas fenomena yang agaknya cukup lumrah terjadi saat ini. Cukup banyak yang setuju bahwa seperti itulah seharusnya game RPG dimainkan, namun tidak sedikit juga yang menyatakan bahwa hal tersebut agaknya sulit dilakukan di game-game RPG zaman now yang tentunya miliki mekanisme permainan yang lebih kompleks, atau bahkan miliki tempat yang sangat luas dan terasa buang-buang waktu untuk menjelajahinya dari ujung ke ujung.

Final Fantasy XV

Tentu setiap orang berhak memainkan game dengan caranya masing-masing. Mungkin menggunakan guide karena terlalu sulit atau karena ingin menyelesaikannya dengan cepat. Guide tentunya juga berguna bagi para pemburu achievement, seperti untuk mendapatkan Platinum Trophy (PS4) pada playthrough pertama misalnya.

Penulis sendiri sebisa mungkin menyelesaikan sebuah game tanpa panduan apapun untuk pengalaman bermain yang maksimal, serta untuk menghindari spoiler yang seringkali terdapat di dalam panduan-panduannya. Namun bukan berarti penulis tidak pernah menggunakan guide, biasanya penulis gunakan untuk mencari item langka atau pilihan yang berdampak pada story permainan, atau jika benar-benar stuck di suatu tempat.

Nah kira-kira menurutmu gimana brott? Apakah kamu setuju dengan curhatan sang bunda diatas, atau justru kamu merasa sebaliknya? Yuk, share aja pendapatmu di kolom komentar.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game RPG atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format