Seorang Fans Habiskan 400+ Jam untuk Ciptakan Map GTA V dengan 3D Printer

gta v map

Siapa gamer di dunia yang tidak mengenali eksistensi Grand Theft Auto V? Rilis semenjak tahun 2013 lalu, game garapan Rockstar Games tersebut masih diminati begitu banyak orang, terutama lewat update berkala pada GTA Online.

Fans yang bertahun-tahun berlalu lalang di dunia fiksi Los Santos untuk melakukan berbagai aktivitas mungkin mengetahui seluk beluk dunia GTA V. Belakangan, seorang fans melakukan sesuatu yang cukup berbeda, yakni membawa hidup map GTA V menggunakan 3D Printer (via Kotaku).

Bernama Dom Riccobene, pria yang berprofesi sebagai desainer produk menghabiskan waktu setidaknya lebih dari 400 jam untuk keseluruhan proyek 3D dari map GTA V. Kamu bisa cek penampakan proses pengerjaannya sebagai berikut, dimana bisa terlihat hasilnya sangatlah detail.

Dom menjelaskan bahwa awalnya ia menggunakan script khusus untuk melakukan pemindaian terhadap medan dan ketinggian dari map Red Dead Redemption 2, kemudian mengaplikasikannya ke dalam GTA V. Namun ia juga harus melakukannya sedikit demi sedikit karena gamenya hanya memunculkan area yang berada di dalam jangkauan karakter in-game, dimana setidaknya menghabiskan waktu hingga 100 jam untuk masing-masing game.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Setelah mendapatkan lebih dari 500 juta koordinat dari proses pemindaian in-game, Dom kemudian menyamakan kordinat tersebut dengan kordinat dunia nyata sebagai perbandingan. Dari sinilah proses 3D printing dimulai; Dom membagi map GTA V tersebut menjadi beberapa tile, dimana mencetak satu tile bisa menghabiskan waktu 1 hingga 12 jam tergantung kompleksitasnya. Jika menghiraukan cetakan yang gagal, hasil terakhir map GTA V seperti yang bisa dilihat pada cuitan di atas setidaknya menghabiskan waktu 125 jam.

Terlepas dari prosesnya yang memang melelahkan dan memakan banyak waktu, Dom menjelaskan bahwa ia merasa tertantang dan senang dengan pencapaian ini. Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan akan melakukan hal ini pada map RDR2, bahkan untuk game-game Rockstar berikutnya.

Baca juga informasi menarik lainnya terkait GTA V atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version