Seorang Fans Habiskan Waktu 9 Tahun untuk Mengukur Menara Citadel di Half-Life 2

Citadel3

Salah satu lokasi unik dalam game Half-Life 2 yaitu City 17 memang sering kali diapresiasi oleh para fansnya. Hal tersebut berkat sajian atmosphere bertemakan sci-fi yang ikonis serta segi arsitekturnya yang menganut tema Eropa Timur. Namun, yang menjadi salah satu keunikan dalam City 17 adalah menara Citadel yang dapat terlihat menjulang tinggi dari kejauhan. Tingginya menara tersebut memang sering kali menjadi perdebatan dalam komunitas Half-Life hingga seorang fans rela menghabiskan waktu 9 tahun untuk memastikan ketinggiannya.

Perdebatan mengenai tinggi menara Citadel bukanlah hal yang baru. Di tahun 2009, seorang fans sempat bertanya langsung kepada Marc Laidlaw selaku penulis cerita Half-Life 2 mengenai tingginya menara Citadel. Awalnya, Laidlaw sendiri juga tidak tahu hingga dirinya melempar pertanyaan kepada seniman desainer dari game Half-Life 2. Sang desainer menyatakan bahwa tinggi menara Citadel “setidaknya 1 mil (1,600 meter)”.

Semenjak itu, banyak fans yang mencoba mengukur ketinggiannya secara pasti. Awalnya, menara tersebut terbukti memiliki tinggi hampir 3000 meter. Hingga di tahun 2012, setelah beberapa revisi akhirnya disetujui bahwa tinggi menara tersebut yaitu 2,569 meter. Akhirnya angka tersebut pun disetujui sebagai ukuran resmi tingginya menara Citadel.

Tetapi, sejumlah fans sepertinya belum merasa puas dengan hasil tersebut, salah satu diantaranya yakni pengguna reddit dan fans Half-Life bernama Rscreamroad. Dirinya mengaku menghabiskan 9 tahun terakhir untuk mengukur ukuran pasti dari tingginya menara tersebut. Akhirnya, dirinya pun berinisiatif untuk menghitung ulang secara detail mengenai tingginya menara.

Menurutnya, tinggi 2,569 yang sudah dikonfirmasi sejak resmi sejak 2012 nyatanya keliru karena tinggi tersebut membuktikan bahwa lebar menara hanya sekitar 250 meter. Hal tersebut sepertinya memang mustahil mengingat pada chapter terakhir pemain nantinya akan diperlihatkan interior dari menara Citadel yang cukup luas dan megah. Dimana didalamnya menjadi sebuah markas besar Combine sekaligus menjadi pabrik senjata dan beberapa objek lainnya seperti Strider dan Combine Gunship.

Berkat keruaguannya, akhirnya Rscreamroad melakukan investigasi dengan memulai chapter dimana pemain ditempatkan di puncak menara. Kemudian dari puncak tersebut ia melihat ke dasar menara dan dibawahnya terlihat seperti sebuah gambar yang dambil dari peta satelit. Setelah diteliti, ternyata peta tersebut diambil dari hasil foto satelit kota New York di ketinggian 8,779 meter.

Puncak menara Citadel yang dasarnya diambil dari foto satelit kota New York
Foto satelit dari kota New York

Agar lebih memastikan, dirinya juga mencoba memasukan model menara Citadel ke dalam program Blender. Hasil menunjukan bahwa tinggi menara tidak jauh berbeda dengan perkiraan gambar satelit yaitu 8,406 meter dengan lebar 860 meter dan 230 meter berada di bawah tanah. Sebagai komparasi, Rscreamroad menampilkan skala untuk membandingkan dengan puncak Himalaya dan beberapa bangunan tinggi lainnya.

Dengan berbagai kalkulasinya, Rscreamroad sendiri juga masih merasa belum yakin secara pasti dengan perhitungannya. Hal tersebut dikarenakan Source Engine memiliki banyak model menara Citadel yang masing-masing memiliki perbedaan skala. Dan program Blender sendiri juga terkadang mengkonversi ukuran objek secara otomatis sehingga tinggi sesungguhnya masih belum dapat dipastikan.

Hasil perhitungan tersebut merupakan suatu pencapaian yang mungkin dapat dijadikan suatu topik diskusi baru dalam komunitas fans Half-Life. Mungkin untuk kedepannya kita dapat mengetahui tinggi menara Citadel dengan lebih jelas. Yang pasti, penemuan ini dapat dijadikan landasan bagi fans yang ingin meneliti lebih lanjut. Hingga kini, pihak Valve sendiri belum menyatakan klarifikasi apapun mengenai penemuan ini.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Half-Life serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version