Seorang Ilmuan dari Jerman Berhasil Buat GTA 5 Berjalan di Konsol Game Boy

Gta 5 Game Boy

Meskipun masa kejayaannya sudah berlalu bertahun-tahun yang lalu, namun komunitas gamer pengguna konsol handheld Game Boy hingga kini masih terus aktif. Tak hanya dari sajian koleksi gamenya yang cukup unik pada zamannya, tanpa diduga konsol lawas buatan Nintendo tersebut juga memiliki hardware yang canggih. Demi menguji kecanggihannya, salah seroang ilmuan asal Jerman ini berhasil “jalankan” game besar seperti GTA V di konsol Game Boy.

Melalui channel Youtubenya yang bernama there oughta be, Sebastian Staacks yang merupakan seorang ahli fisika mencoba menjalankan sejumlah game terkini melalui platform Game Boy. Perlu diketahui, maksud “menjalakan” disini bukan berarti game beroperasi di mesin Game Boy secara langsung, melainkan game dijalankan melalui streaming dengan menggunakan cartridge yang sudah dimodifikasi oleh build-in Wi-Fi.

Meskipun begitu, nyatanya proses yang dibutuhkan juga sangat kompleks. Terdapat beberapa kendala dan batasan yang perlu ditangani seperti menghadirkan animasi secara full screen, kecepatan transfer data, instalasi Wi-Fi ke dalam cartridge dan sejumlah proses lainnya yang dibutuhkan untuk menjalankan game dengan lancar. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat melalui video berikut.

Hasil akhirnya pun terilang cukup mengesankan. Game GTA 5 mampu berjalan melalui platform Game Boy dengan kecepatan 20 FPS. Uniknya lagi, game dapat dikendalikan secara langsung menggunakan tombol di Game Boy tanpa bantuan controller eksternal. Tak hanya GTA 5, sejumlah game lainnya juga sempat diuji seperti Crysis, yang dikenal sebagai standar untuk game bergrafis megah masih dapat berjalan semestinya di platform Game Boy.

Meskipun banyak permintaan, saat ini Sebastian Staacks tidak berniat untuk menjual cartridge yang ia miliki lantaran proses pembuatannya yang rumit dan ia mengerjakannya hanya sekedar hobi saja. Namun, bagi kalian yang ingin mencobanya sendiri, Staacks membagikan desain hardware dan juga kode melalui link berikut apabila kalian tertarik untuk merancangnya atau mungkin ingin memodifikasinya lebih jauh lagi.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait GTA 5 serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version