Seorang Modder Berhasil Jalankan Bloodborne dalam 60 FPS

in

Menjadi salah satu game tersulit yang pernah ada sampai saat ini, Bloodborne rilisan tahun 2015 bisa dibilang cukup sukses dalam merebut hati (dan menyiksa) para fans game-game souls. Namun satu kekurangannya adalah game garapan From Software yang eksklusif untuk PS4 tersebut memilliki keterbatasan teknis, yakni frame rate yang berjalan di sekitar 30, bahkan sering turun.

Seorang modder bernama Lance McDonald baru-baru ini dikabarkan berhasil melakukan serangkaian hacking dan patching untuk menjalankan Bloodborne dalam 60 fps. Tidak sampai disitu, patch 60 fps tersebut juga telah berjalan dengan baik pada PS4 Pro dan PS4 biasa sekalipun.

 

Berbicara kepada Kotaku, Lance menjelaskan bahwa saat itu ia tengah mengutakatik fitur developer yang ia masukkan ke dalam Bloodborne, seperti cheat dan debugging tools. Ia teringat bahwa ada mode 60 fps yang justru membuat gamenya tidak bisa dimainkan, dan ia mencoba mengutakatiknya kembali “just for fun”.

Lance mengaku bahwa ia terlalu fokus pada hal tersebut dan berujung me-reverse engineering mode 60 fps yang ada pada game Dark Souls 3 di PS4, kemudian mengaplikasikannya ke Bloodborne. Lebih lanjut, ia juga mengurangi framebuffer gamenya menjadi 720p dan hasilnya cukup memuaskan.

Lance juga menjelaskan bahwa permasalahan frame rate pada game Bloodborne adalah tidak konsistennya frame pacing, dimana beberapa frame individual memiliki rentang waktu yang tidak konsisten dan membuat gamenya terlihat stutter. Lance mengatakan bahwa ia membutuhkan seseorang yang memang memiliki mata jeli untuk memperbaiki frame pacing tersebut.



Namun sayang, patch yang Lance lakukan tersebut nampaknya tidak bisa dirasakan buat kamu yang juga berharap memainkan Bloodborne dalam 60 fps. Lance menjelaskan ia bisa saja merilis utility patch, namun hanya bisa digunakan oleh pemain PS4 yang memang mengerti modifikasi software PS4. Ia juga mengaku hal tersebut cukuplah sulit, sehingga ia mungkin tidak akan merilis utiity patch tersebut.

Walau demikian, setidaknya hal ini memperlihatkan bahwa mesin PS4 sendiri terbukti mampu menjalankan Bloodborne dalam 60 fps. Jika seorang modder saja bisa, mungkin saja From Software kedepannya akan mengeluarkan patch serupa yang memperbaiki frame rate Bloodborne, agar pemain dapat menikmati siksaan lebih lanjut dalam fps yang lebih memanjakan mata.

Sebagai informasi, Lance McDonald bisa dibilang seorang modder kondang dalam industri video game. Sebelumnya, ia juga telah menemukan konten-konten yang tidak terpakai dalam Bloodborne, seperti mode Boss Rush. Tidak hanya itu, ia juga yang mengungkap hal yang cukup menyeramkan dari cara kerja game Silent Hills P.T. serta mode tersembunyi di dalam game NieR: Automata.

Bloodborne tersedia eksklusif untuk platform PS4.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Bloodborne atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. You can contact the author via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]