Seorang Modder Kembangkan Remake Half-Life: Alyx Tanpa VR

in , ,
Screenshot 2

Half-Life: Alyx merupakan sebuah terobosan baru dalam game VR. Percampuran antara permainan physics dari Source Engine dipadukan dengan nuansa atmosphere dari seri game Half-Life melalui teknologi VR menjadi keunikan tersendiri bagi Half-Life: Alyx. Keunikan tersebut pun membuat gamenya diapresiasi dengan baik oleh para kritikus dan pemain, terutama fans Half-Life.

Sayangnya, sepertinya tidak semua orang dapat merasakan pengalaman bermain Half-Life: Alyx. Hal tersebut karena peralatan VR yang cukup mahal sehingga banyak fans Half-Life yang mengeluh karena tidak bisa memainkannya lantaran terkendala biaya. Seorang modder pun akhirnya memberikan solusi dengan mengembangkan mod Half-Life: Alyx yang bisa dimainkan tanpa perlu menggunakan VR.

Baru-baru ini, modder bernama SoMNst mengunggah update terbaru mengenai pengembangan mod melalui channel Youtubenya. Dalam video tersebut, diperlihatkan beberapa mekanisme gameplay yang sepertinya akan similiar dengan seri game terdahulunya yaitu Half-Life 2. Uniknya lagi, sistem modifikasi senjata dan gravity gloves terlihat cukup baik tanpa terlihat adanya bug atau kesalahan lainnya. Meskipun kedua sistem tersebut memang dikhususkan untuk VR.

Pengembangan mod ini dimulai sekitar setahun yang lalu. Dimana modder mengunggah video gameplay pertamanya yang tentunya menarik perhatian para fans Half-Life. Saat itu, pengembangan masih terlihat cukup mentah namun tetap menjanjikan. Dan apabila dibandingkan dengan update gameplay saat ini, maka cukup terlihat perubahannya secara signifikan.

Sebelumnya, pengguna GitHub bernama pyyii juga berhasil membuat mod Half-Life: Alyx tanpa VR. Namun, mod tersebut hanya sekedar memindahkan aset dari Half-Life 2 kedalam Half-Life: Alyx sehingga model senjata serta gameplaynya masih terlihat sama seperti Half-Life 2. Gameplaynya pun juga menjadi tidak terlalu menarik karena gamenya memang dikhususkan untuk dimainkan melalui headset VR.

Kini, SoMNst sepertinya ingin lebih meningkatkan mod tersebut dengan tetap mempertahankan mekansime gameplay dari Half-Life: Alyx sebisa mungkin. Sehingga, para pemain tetap mendapatkan sensasi bermain Half-Life: Alyx sedekat mungkin, meskipun tanpa perlu menggunakan VR.

Namun, perlu diingat juga bahwa mod ini hanyalah pilihan alternatif. Sehingga, apabila kalian ingin mendapatkan sensasi Half-Life: Alyx secara penuh, maka lebih disarankan untuk dimainkan langsung menggunakan VR.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Half-Life serta artikel-artikel terkini dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.