Seorang Pengguna Steam “Biasa” Berhasil Buat AI Pembasmi Cheater CS:GO, 15 Ribu Lebih Pemain Berhasil Dibanned

in , , ,

Buat kamu yang sering main game online, hadirnya cheater selalu menjadi momok yang menakutkan. Bahkan merekalah yang justru menghancurkan komunitas game itu sendiri. Lambat laun game tersebut mungkin akan ditinggalkan para pemainnya jika developer atau pihak terkait tidak bertindak tegas.

Hal yang sama juga dirasakan para pemain Counter Strike: Global Offensive, apalagi mereka yang bermain di server free to play dimana kabarnya lebih banyak cheater daripada mereka yang bermain dengan membeli CS: GO sebelum game tersebut digratiskan. Sebagai game kompetitif kehadiran para cheater ini begitu mengganggu bahkan cenderung merusak komunitas yang sudah berkembang sedemikian rupa. Untuk mereka yang ingin berkembang sebagai pro player justru terhalangi bayang-bayang para cheater yang bisa bermain dengan skill “dewa” secara instant.

Tapi tenang saja, ada kabar gembira buat kamu yang sudah muak dengan para cheater di CS: GO. Dilansir dari PCGamesn, seorang pengguna Steam “biasa” berhasil membuat AI atau kecerdasan buatan yang bisa membasmi para cheater kurang lebih saat ini sudah terindikasi dan dilaporkan 15 ribu lebih akun di banned. Pemilik akun Steam bernama 2Eggs ini mengembangkan AI dengan memanfaatkan platform deep-learning yang telah mempelajari data-data dari CS: GO sejak tahun 2015. Dengan mempelajari semua data-data tersebut AI yang diberi nama HestiaNet ini bisa membedakan tingkah laku player yang “normal” atau yang “mencurigakan” alias menggunakan cheat.

2Eggs sendiri mengaku tertarik dengan demo yang silakukan oleh John McDonald seorang Senior Software Engineer di Valve pada gelaran GDC 2018 lalu. Dari situlah ia mulai memutuskan apa yang bisa dilakukan hingga pada akhirnya ia hanya ingin berada di titik yang membuat dirinya setidaknya merasa puas pada tahun ini. Alhasil HestiaNet sepertinya menjadi salah satu pencapain yang memuaskan dirinya untuk tahun ini.

2Eggs juga menyampaikan bahwa nama HestiaNet sendiri mereferensikan dari mitologi Yunani yaitu Dewi Hestia yang merupakan Dewi Perapian. Ia berharap HestiaNet dapat menyembuhkan CS: GO dari para cheater seperti Dewi Hestia yang dilambangkan selalu berada di perapian rumah-rumah yang selalu menghangatkan dan menyembuhkan orang-orang didalamnya.

https://twitter.com/2Eggsss/status/1199349452919558145


Hingga saat ini kurang lebih ada sekitar 17.659 kasus cheater yang ditangani oleh HestiaNet, 15.356 berhasil dilaporkan, 15.104 berakhir di banned. Ini merupakan hasil kerja keras yang luar biasa mengingat 2Eggs sama seperti kita pengguna Steam “biasa” namun kontribusi terhadap komunitas begitu luar biasa.

 

Sumber: PCGamesn

 


Mau baca artikel seputar CS:GO hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi