Seorang Politikus Mencalonkan Diri sebagai “Wakil Rakyat” di dalam Game MMO ?


Follow Us

Sampai rela membuat video kampanye ?

Terlepas dari berbagai aspek gameplaynya yang memang cukup kompleks, game Eve Online tetaplah menjadi sebuah game MMO yang selalu menyimpan banyak kisah-kisah menarik di dalam dunia komunitasnya. Setelah sebelumnya kita telah melihat betapa kreatif dan kompaknya para pemain Eve Online dalam memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Stephen Hawking, sekarang kita disuguhkan sebuah cerita yang mungkin agak menggelitik bagi kalian, namun tetap menarik untuk disimak.

Nulis artikel dibayar

Seorang pria bernama Brian Schoeneman mungkin terlihat sebagai seorang gamer biasa. Tapi dibalik hobinya tersebut, dalam kesehariannya ia mempunyai profesi yang selama ini tidak terlalu memiliki reputasi positif di kalangan masyarakat umum. Ya, Brian Schoeneman adalah seorang yang saat ini bekerja sebagai lobbyist di bidang hukum maritim khusus untuk wilayah Virginia. Atau dengan kata lain, Brian bisa disebut sebagai seorang politisi asli yang bekerja dan mengabdi untuk negara.

Sedangkan dalam game Eve Online sendiri, sudah menjadi tradisi bila setiap tahunnya CCP Games selaku developer selalu menyelenggarakan suatu acara pemilihan “wakil rakyat” dengan nama  “Council of Stellar Management” (CSM), atau yang bisa kita anggap sebagai anggota DPR di dalam dunia Eve Online. Lewat hal itu, sepertinya pemilihan 10 anggota CSM di tahun ini bisa jadi merupakan yang paling menarik dalam sejarah game tersebut berdiri.

Brian yang di dalam gamenya mempunyai nama sebagai Brisc Rubal, baru saja telah mendaftarkan dirinya sebagai salah satu calon dari 50 orang yang telah mendaftar sebagai anggota CSM. Tidak main-main, ia pun tak ketinggalan mempromosikan dirinya dengan membuat video kampanye yang akan menjelaskan banyak hal mengenai Brian beserta visi misinya dalam memajukan atau mungkin menyejahterakan seluruh komunitas Eve Online.

 

Brian sendiri sempat diwawancarai oleh Kotaku untuk menanyakan apa motif dibalik aksi pencalonannya tersebut ? Dan beliau mengungkapkan:

Saya merasa bahwa suatu hal terbesar yang bisa saya bawa ke CSM adalah hal-hal yang biasa kulakukan secara efektif di lingkungan kerjaku yang sama persis dengan CSM ini.

Bagi kalian yang belum tahu, seseorang yang tergabung sebagai CSM memiliki tanggung jawab selayaknya seorang mediator ataupun penyambung lidah di antara para pihak CCP selaku developer, dan seluruh player basenya. CSM biasa memberi masukan kepada pihak developer mengenai suatu kritik atau saran yang mewakili curahan hati dari para player dalam mengembangkan game mereka ke arah yang bisa diterima oleh semua pihak. Dalam hal ini, job desk dari seorang CSM sangatlah begitu identik dengan apa yang biasa Brian lakukan sehari-hari sebagai Lobbyist.

Saya biasa pergi keluar, berdiskusi dan menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah. Saya selalu menyampaikan apa yang menurut kami penting untuk didiskusikan bersama, terutama mengenai bagaimana efek kebijakan mereka (pemerintah) terhadap bidang atau sektor yang saya urus. Tentu semuanya demi kebaikan kita bersama dan untuk negara.

– Brian Schoeneman, calon CSM XIII

Walaupun sepak terjang di kehidupan sosialnya terdengar luar biasa. Namun pasti banyak pemain Eve Online yang penasaran mengenai apa saja yang biasa beliau lakukan saat sedang bermain game MMO sci-fi super kompleks tersebut ? Sebenarnya tidak ada yang spesial mengenai status Brian saat bermain Eve Online, ia kebanyakan hanya berperan sebagai suruhan dari komandan kapal yang biasa menyuruhnya untuk menembakan senjata ke musuh dengan menekan tombol F1. atau istilah gaul di gamenya bisa disebut sebagai F1 jockey.

Meskipun begitu, Brian sendiri tetap mempunyai jiwa yang kuat sebagai seorang gamer. Karena ia sendiri sudah lama memainkan game Eve Online semenjak tahun 2006 lalu. Beliau pun juga sudah berpengalaman dalam menjalankan misi-misi PVP atau PVE tingkat tinggi di dalam game tersebut. Selain itu, ia juga sempat memainkan game MMO lain seperti Star Wars Galaxies pada tahun 2003 dan pernah dipercaya sebagai seseorang dengan peran yang hampir sama seperti CSM. Berangkat dari situlah hati Brian seakan tergerak ingin terus bermain video game dengan tujuan yang mulia, yaitu untuk membantu para komunitasnya.

Tak ketinggalan, Kotaku juga tak lupa menanyakan apakah aksi pencalonannya ini dapat mempengaruhi karirnya sebagai seorang politisi ? Ia pun dengan santai sama sekali tidak mengkhawatirkan hal tersebut. Alasannya simpel, karena seumur hidup ia tidak pernah bermabuk-mabukan, selingkuh, hingga menyewa *maaf seorang “wanita malam”. Keseharian Brian di luar pekerjaan hanyalah duduk santai di rumah dan bermain video game.

Yah namanya juga orang baik yang mempunyai niat yang juga sangat baik pula. Semoga kisah dari Bapak Brian ini bisa menginspirasi kalian semua yah Brott, terutama mengenai motivasi utama kalian dalam bermain video game ?

Sumber: Kotaku

 

 

 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item