Seri Final Fantasy Dapatkan Tiga Penghargaan Guinness World Records

vlc 2017 02 20 06 45 43 09

Hari ini di Final Fantasy XIV FanFest di Frankfurt, seri Final Fantasy dapatkan tiga penghargaan di kategori yang berbeda dari Guinness World Records. Ketiga penghargaan tersebut diserahkan di panggung Final Fantasy XIV FanFest.

Naoki Yoshida, Produser sekaligus Sutradara Final Fantasy XIV

Penghargaan dunia pertama adalah penghargaan end credit terlama di game MMORPG yang didapatkan oleh Final Fantasy XIV. End-credit Final Fantasy XIV versi 2.55 memakan waktu sekitar 1 jam 38 menit karena Square-Enix memutuskan untuk memasukkan semua nickname player yang ikut serta di versi 1.0 Final Fantasy XIV, versi sebelum game ini “lahir kembali” menjadi Final Fantasy XIV A Realm Reborn yang kita kenal sekarang. Kamu bisa menonton endingnya di bawah, SPOILER ALERT bagi kamu yang belum menyelesaikan story quest Final Fantasy A Realm Reborn.

Composer Musik Final Fantasy XIV, Masayoshi Soken (Kiri) dan Produser sekaligus Sutradara Final Fantasy XIV, Naoki Yoshida (Kanan)

Penghargaan kedua adalah penghargaan video game dengan musik original terbanyak yang lagi-lagi didapatkan oleh Final Fantasy XIV. Bagi kamu yang belum tahu, terdapat 384 buah musik original di Final Fantasy XIV.

Penghargaan ketiga dan terakhir didapatkan oleh Square-Enix sendiri karena seri Final Fantasy telah resmi menjadi seri role playing game terlaris hingga sekarang. Saat ini terdapat 87 game Final Fantasy yang ada di pasaran, baik versi handheld, console, PC, maupun mobile.

Sutradara dan Produser Final Fantasy XIV, Naoki Yoshida menyebutkan bahwa penghargaan pertama yang didapatkan oleh Final Fantasy XIV benar-benar memberi arti khusus baginya. Ia menceritakan bagaimana awal peluncuran versi 1.0 Final Fantasy XIV yang mengalami banyak masalah. Saat itu, tidak hanya memperbaiki gamenya agar menjadi lebih baik, mereka juga harus memberikan servis pada player. Penghargaan dunia ini tidak akan mereka dapatkan jika bukan karena bantuan para player yang tetap mensupport game ini di masa kelamnya. Tanpa adanya Legacy Player (sebutan player yang memainkan versi 1.0), Final Fantasy XIV A Realm Reborn tidak akan pernah ada, imbuhnya.

Good job Square-Enix & Final Fantasy Team!

Source: Final Fantasy XIV FanFest

Exit mobile version