Seri Gran Turismo PS5 Targetkan Miliki Performa 240 FPS Saat Gameplay

4XvCkg4arwf6C8Si9nnSgZ

PS5 memang merupakan konsol yang sedang banyak dibicarakan pada tahun 2020. Terlepas dari banyaknya spekulasi yang mengarah pada bagaimana kapabilitas konsol next-gen tersebut bekerja, tentu masih belum ada pihak di luar perusahaan Sony manapun yang dapat memastikan hal itu.  Dibandingkan dengan kompetitornya seperti konsol Xbox Series X, keberadaan konsol PS5 memang masih terkesan sangatlah begitu rahasia. Dimana wujud aslinya saja pun belum pernah ditampakkan hingga saat ini (berbeda dengan devkit).

Namun, masalah performa sepertinya akan menjadi salah satu fokus yang ingin coba dibangun. Melalui Polyphony Digital selaku developer dari seri game balap eksklusif Playstation yang berjudul Gran Turismo. Sang CEO, Kazunori Yamauchi, baru saja memberikan suatu harapan yang menarik mengenai keberlangsungan franchise Gran Turismo di konsol PS5 nanti.

Dalam wawancara terkininya (lewat lansiran GTPlanet), ia rupanya sama sekali tidak mengharapkan adanya sebuah improvisasi dari segi resolusi untuk seri Gran Turismo terbarunya. Bagi Kazunori, 4K sudah dianggapnya lebih dari cukup. Akan tetapi, beliau justru malah lebih memperhatikan aspek performa FPS yang ingin dirinya kejar dalam mengembangkan game balap kesayangannya tersebut.

Ketimbang membahas mengenai tingkat resolusi, saya jauh lebih tertarik pada bentuk kemajuan lain yang bisa kami kembangkan.

Contohnya seperti pada “Frame Rate” (FPS). Dibanding tetap bertahan pada tingkat 60 FPS, saya lebih berharap bahwa kami bisa coba meningkatkannya lagi ke angka 120 atau bahkan hingga 240 FPS sekalipun.

Kazunori Yamauchi

Pernyataan yang diungkap oleh Kazunori memang bukanlah sebuah bentuk konfirmasi yang kepastiannya telah dijaminkan. Beliau sendiri justru lebih ingin mengupayakan agar hal tersebut bisa dicapai lewat pengerjaan seri baru Gran Turismo. Di sisi lain, perkataan beliau itu pun juga terlihat sedikit mendandai adanya suatu sekelibat potensi yang ingin coba diperah dari kekuatan konsol PS5.

Performa 120 hingga 240 FPS jelas bukanlah angka yang main-main. Bila itu nantinya bisa menjadi salah satu kemewahan fitur yang dimiliki oleh konsol PS5, tentu tidak akan sedikit gamer yang dapat terpikat dengan bentuk animasi gerak yang benar-benar super halus tersebut. Setidaklah inilah yang mungkin bisa dianggap sebagai gambaran penting dari fenomena kemunculan konsol next-gen di era 2020.

Sumber: GTPlanet


Baca pula informasi lain terkait Gran Turismo, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version