Sering Dieksploitasi untuk Cuci Uang, Key CS:GO Kini Tak Dapat Lagi Dijual Kembali

in

Apabila kamu rajin mengikuti komunitas trade di Steam, maka kamu akan tahu bahwa key dari CS:GO menjadi salah satu item yang berharga. Sayangnya karena nilainya yang berharga ini, key CS:GO justru disalahgunakan untuk bisnis ilegal. Hal ini menyebabkan Valve terpaksa menghentikan akses jual key dan semua key yang dibeli dari sekarang tidak dapat dijual ke Steam market maupun ditukar dengan pengguna lainnya.

Lewat website resmi Counter Strike, Valve jelaskan bahwa crate key telah digunakan sebagai alat cuci uang oleh pihak-pihak fraud. Sebagian key masih dipergunakan banyak pengguna untuk trading normal, akan tetapi banyak diantaranya telah datang dari bisnis yang curang dan key tersebut dipergunakan sebagai cara mencairkan dana. Karena alasan tersebut, Valve melakukan aksi pemblokiran jual balik item key mulai dari sekarang.

Bagi kamu yang telah terlanjut miliki key sebelum pengumuman dari Valve ini, kamu masih bisa menjualnya kembali ke Steam market. Tetapi untuk key selanjutnya yang kamu beli, kamu tidak dapat menjualnya kembali dan hanya dapat digunakan untuk membuka crate yang ada di game.

Ini bukan kali pertama game FPS anyar dari Valve dikerumuni oleh bisnis ilegal. Sebelumnya, Valve sempat dipusingkan oleh maraknya website judi CS:GO yang dimana salah satunya dipromosikan oleh youtuber besar.

Dampak dari diblokirnya resell key CS:GO ini tentu saja terjadinya inflasi harga. Usai pengumuman dari Valve, harga key mulai naik dari biasanya dan diprediksi akan terus naik dengan semakin langkanya kunci yang ada di Steam market.


Baca pula informasi lain terkait Counter Strike: Global Offensive, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.