Server Call of Duty: Modern Warfare Kabarnya Tak Bisa Diakses di Iran

s1 ka bg

Ketegangan politik yang baru-baru ini terjadi nampak telah mulai sedikit menjangkiti dunia video game. Seolah didasari oleh panasnya konflik yang tengah berkecamuk antara pihak Iran dan Amerika Serikat, para gamer-gamer yang tinggal di wilayah Iran sendiri baru saja digegerkan oleh ketidakbisaan mereka dalam mengakses suatu server di game-game tertentu.

Kebetulan terjadi pada game Call of Duty Modern Warfare. Di Reddit (melalui pemberitaan Gamerant), salah seorang pemain asal Iran yang bernama hamoun76 baru saja melaporkan bahwa dirinya tidak bisa masuk ke game secara online dan tidak diperbolehkan mengajukan refund karena hal itu. Bahkan Hamoun sendiri kabarnya bukanlah satu-satunya pemain yang tidak bisa mengakses game buatan Activision dan Infinity Ward tersebut di Iran.

Namun tak lama berselang, ia pun mengetahui bahwa sejumlah pemain di sana masih dapat masuk ke dalam server dengan memanfaatkan penggunaan VPN dan data seluler. Meski memang bisa, cara ini sayangnya sangat begitu berpengaruh secara negatif terhadap kenyamanan ping yang didapat saat bermain.

Sementara mengingat masih berfungsinya penggunaan data seluler demi dapat masuk ke dalam server game Call of Duty Modern Warfare, keberadaan dugaan bahwa Activision yang sengaja memblokir atau tidak memang masih menjadi misteri yang belum terungkap hingga kini.

dari forum Bungie (untuk game Destiny 2)

Justru bisa jadi merupakan sebuah bentuk kesalahpahaman, suatu kejadian serupa kabarnya juga sempat dialami oleh para pemain-pemain game Destiny 2 di Iran. Sempat menuduh bahwa Bungie sengaja memblokir dirinya, seorang pemain dengan nama SpeedingCrowd72 baru saja menemukan bila muara dari permasalahan ini lebih terletak pada masalah pengaturan ISP yang ia pakai.

Meski hanya dialami oleh salah seorang pemain Destiny saja, tentu sangat terbuka kemungkinan jika masalah pengaksesan server game Call of Duty Modern Warfare ini timbul dari hal-hal yang lebih bersifat teknis ketimbang politis. Pihak Activision sendiri kebetulan masih belum menyampaikan pernyataan apapun terkait hal tersebut.

Sumber: Gamerant


Baca pula informasi lain terkait Call of Duty: Modern Warfare, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version