Server Halo untuk Xbox 360 Segera Tutup Usia di Bulan Desember 2021

in , ,

Gameplay yang menarik dipadu dengan latar sci-fi yang unik membuat seri Halo menjadi salah satu pelopor genre First-Person Shooter. Bahkan seri Halo sering kali menjadi alasan utama banyak gamer untuk membeli konsol Xbox, terlebih dengan adanya layanan Xbox Live yang memungkinkan pemain untuk bermain Halo secara online bersama teman. Kesuksesan ini pun menjadikan Halo sebagai game online terpopuler di platform Xbox 360 yang hingga saat ini masih aktif dan cukup terpopulasi dengan pemain. Sayangnya, pengalaman tersebut sepertinya akan segera berakhir. 343 Industries selaku pengembang dari seri Halo baru saja mengumumkan akan mengakhiri pelayanan online untuk game Halo di platform Xbox 360.

Melalui website resmi Halo, 343 Industries mengumumkan akan menutup pelayanan online pada bulan Desember 2021 untuk ketujuh game Halo di platform Xbox 360. Tujuh game tersebut mencakup Halo 3, Halo 3: ODST, Halo: Reach, Halo 4, Halo: Combat Evolved Anniversary, Halo: Spartan Assault, dan Halo Wars. Alasan mengapa developer memutuskan untuk menutup server karena saat ini mereka ingin menghemat daya untuk menjaga server lainnya agar tetap stabil. Selain itu, mereka juga mau lebih fokus dalam mengembangkan game Halo terbarunya yaitu Halo: Infinite yang rencananya akan dirilis pada tahun 2021 mendatang.

343 Industries menyatakan bahwa ada 4 fase dalam penutupan server, beberapa fase tersebut antara lain:

Fase 1 (musim gugur 2019)

  • Pemindahan seluruh data dari Halo versi Xbox 360 ke Halo: Master Chief Collection

Fase 2 (Desember 2020)

  • Pengumuman penutupan server untuk para pemain
  • Pemberhentian penjualan game Halo Xbox 360 versi digital
  • Pembagian DLC untuk Halo Xbox 360 secara gratis

Fase 3 (2021)

  • Terus memberi peringatan dan kabar lainnya terkait penutupan server kepada pemain

Fase 4 (Desember 2021) *tanggal pasti belum diumumkan

  • Penutupan pelayanan online Halo untuk Xbox 360.

Perlu diketahui juga bahwa penutupan ini bukan berarti kalian tidak bisa lagi memainkan Halo di Xbox 360, karena penutupan server ini hanya mempengaruhi beberapa aspek saja seperti Matchmaking, File-Sharing, Challenges dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat skema berikut.

Jadi, bagi kalian yang mungkin masih ingin memainkan Halo di Xbox 360 atau mungkin ingin menyelesaikan Challanges dan Achievement, ini adalah saat yang tepat sebelum server ditutup. Dan bagi yang tidak memiliki konsol Xbox 360 kalian masih bisa memainkan seri Halo melalui Halo: Master Chief Collection yang mencakup enam game utama dari Halo Series. Saat ini, Halo: Master Chief Collection tersedia untuk platfom PC (Steam), Xbox One dan Xbox Series X/S.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Halo Series serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.