Seseorang Berhasil Menjalankan Sistem Operasi Linux di Konsol Nintendo Switch

in , ,
pict source : The Verge
pict source : The Verge

Ada dua alasan besar dimana orang ingin melakukan hack untuk sebuah konsol game. Yang pertama tentunya dimana orang ingin memainkan game secara “bajakan” dan pastinya memang tidak dianjurkan untuk itu. Kemudian yang kedua orang ingin melakukan hack di konsol gamenya adalah untuk memanfaatkan hardware yang dimilikinya agar dapat menjalankan aplikasi lainnya sehingga konsol bisa dimanfaatkan sebagai fungsi lainnya.

Namun kali ini kita tidak akan membahas pembajakan, dilansir dari The Verge kali ini datang dari sebuah cuitan milik akun Twitter bernama fail0verflow. Beberapa minggu yang lalu dia membuat tweet dimana memperlihatkan gambar konsol Nintendo Switch sedang menjalankan sistem operasi Linux.

Baru-baru ini, akhirnya dia memperlihatkan sebuah video dimana konsol Nintendo Switch miliknya berhasil menjalankan sistem operasi tersebut dan melakukan berbagai aktivitas layaknya sebuah laptop touch screen. Mulai dari melakukan sekedar browsing di internet hingga melakukan demo dengan aplikasi untuk memperlihatkan kemampuan GPU dari konsol tersebut. Dengan sistem operasi Linux ini konsol tersebut juga sepenuhnya mendukung fitur touch screen yang ada di Nintendo Switch berjalan dengan semestinya seperti sebuah tablet.

Melalui Twitternya, fair0verflow mengklaim bahwa bug yang mereka gunakan untuk menghindari keamanan di Nintendo Switch saat ini masih belum mendapatkan patch dari Nintendo serta tidak memerlukan modchip. Hingga sat ini, masih belum diketahui secara umum bagaimana cara menjalankan Linux di konsol hybrid tersebut.

 

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi