Seseorang Buat Konsol Rumahan Legendaris “PS 2” Menjadi Portable

in , , ,

Masih ingat dengan konsol fenomenal dan legendaris di era tahun 2000-an ? kita tengah membicarakan konsol yang bahkan berhasil merajai pasar hingga tahun 2011 tercatat telah terjual sekitar 154 juta unit dengan kombinasi berbagai jenis modelnya. Benar sekali Playstation 2, konsol tersebut juga telah memberikan kenangan begitu banyak untuk kamu yang dulu sangat antusias sepulang sekolah langsung nongkrong di depan tv maupun kamu yang harus rela menyisakan uang jajan dan mengantre di rental PS.

image courtesy, darkwingmod
image courtesy, darkwingmod
image courtesy, darkwingmod

Baagaimanapun juga hampir semua gamers memiliki kenangan manis dengan konsol legendaris yang satu ini. Meskipun telah ditelan oleh waktu, konsol rumahan yang satu ini tampaknya menginspirasi seseorang yang masih ingin memainkannya namun terkendala waktu dan tempat karena kesibukanya sehingga tidak sempat untuk bermain dirumah. Dalam sebuah thread di Reddit, baru-baru ini pemilik akun dengan nickname darkwingmod membagikan hasil karyanya memodifikasi konsol rumahan legendaris ini menjadi konsol portable ala PSP maupun PS Vita.

Dilansir dari Engadgetdarkwingmod membuat desain case-nya sendiri kemudian memodifikasi mesin PS 2 slim yang kemudian dimasukan ke dalam case tersebut lengkap dengan berbagai komponen pendukung seperti panel layar LCD hingga tombol-tombol yang berfungsi sebagai kontroler. Proyek yang ia kerjakan sejak tahun 2013 ini baru saja rampung dan telah diuji memainkan lebih dari 10 judul game PS 2 berjalan normal seperti kamu memainkannya di konsol PS 2 versi normal. Konsol portable yang diberi nama PIS 2 ini juga dilengkapi dengan dua slot memory card untuk yang berfungsi untuk save game dan slot satunya untuk menginstall Free MC Boot. Mengingat konsol portable ini tidak dilengkapi storage berupa hardisk maupun optical drive untuk membaca dan menyimpan game PS 2darkwingmod memanfaatkan Rasberry Pi2 yang tersambung dengan ethernet untuk menghubungkan ke SMB Server dimana lokasi game PS 2-nya tersimpan. Jadi jika ingin bermain judul game yang lebih banyak lagi maka harus di transfer terlebih dahlu ke SMB Server-nya. Baterai dari PIS 2 ini diklaim dapat bertahan kurang lebih 90 menit jika terus-terusan dimainkan.


Jika kamu tertarik untuk mencoba merakitnyadarkwingmod juga membagikan apa saja yang diperlukan untuk merakit PIS 2. Patut diapresiasi karya dari darkwingmod ini mengingat ia membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyelesaikan PIS 2 hingga bisa berfungsi maksimal seperti saat ini.

 

Sumber: Engadget

 

 


Mau baca artikel seputar teknologi hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail a[email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi