Setelah 6 Tahun, AMD Akhirnya Kalahkan Penjualan NVIDIA Dan Intel!

in ,

Persaingan pasar Hardware PC memang selalu melibatkan 3 nama besar, yaitu AMD, NVIDA dan Intel. Namun menurut penelitian terbaru AMD secara mengejutkan mampu memimpin pasar penjualan tersebut diatas kedua rivalnya pertama kalinya selama 6 tahun terakhir sejak tahun 2013. 

Menurut laporan baru dari Jon Peddie Research (JPR), sebuah perusahaan riset pasar dan konsultan yang secara rutin melacak hal-hal terkait analisis penjualan suatu produk. Untuk kuartal kedua 2019, data JPR menunjukan bahwa AMD yang memiliki 17,2 persen dari pasar GPU, naik 9,2 persen dari kuartal sebelumnya.

Sementara itu, Nvidia tetap relatif datar dengan berada di 16 persen (secara teknis penurunan 0,1 persen). Intel, di sisi lain, kehilangan 1,4 persen.

Berikut adalah rincian update terakhir rekap penjualan dari 3 produk dibandingkan kuartal sebelumnya:

  • AMD — 17,2 persen (naik 1,5 persen secara berurutan, naik 2,4 persen)
  • Nvidia — 16 persen (turun 0,1 persen secara berurutan, turun 1 persen)
  • Intel — 66,9 persen (turun 1,4 persen secara berurutan, turun 1,4 persen)

Fakta bahwa larisnya AMD pada pasar PC desktop tak lepas dari banyaknya pasar yang digenggam oleh AMD itu sendiri, AMD sekarang menyumbang hampir sepertiga pasar, sebesar 32,1 persen. Sedangkan Nvidia dengan mayoritas besar di 67,9 persen, dimana NVIDA ternyata mengalami penurunan pasar dibandingkan tahun lalu, jika kita kembali ke akhir 2018, Nvidia duduk dipasaran dengan presentase  81,2 persen.

Untuk data lebih jelas kamu dapat mengunjungi jonpeddie atau klik link berikut.


Sumber: PC Gamer dan Jonpeddie


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Contact: [email protected]