Setelah 20 tahun, Game Cyberpunk Klasik “System Shock” Umumkan Sekuel Ketiganya


Follow Us

Masih menceritakan tentang si AI jahat

Deus EX Boleh saja menjadi franchise yang jauh lebih dikenal dan masih mendapat tempat di hati para gamer-gamer milenial. Namun jika bukan karena kematangan konsep yang dibawa oleh game berjudul System Shock, eksistensi Deus EX hingga game BioShock (sebagai sang spiritual suksesor) sekalipun bisa jadi belum tentu ada. Setidaknya itu mungkin yang menjadi bahan pertimbangan Warren Spector selaku kreator dari Deus Ex sekaligus System Shock untuk ingin kembali memperkenalkan franchise game cyberpunk horror yang pertama kali rilis di tahun 1994 silam.

Nulis artikel dibayar

Meski Warren sempat tidak mendapat momen untuk ikut ambil bagian dalam pengerjaan seri System Shock 2 di tahun 1999 lalu, untungnya beliau kini telah berhasil meraih kesempatan untuk bisa bermesraan kembali dengan IP System Shock berkat bantuan tangan Otherside Entertainment. Dan mereka pun saling berkomitmen untuk mau melanjutkan lagi keberlangsungan seri legendaris tersebut.

Melalui sebuah acara GDC (Game Developer Conference) yang baru-baru ini dilaksanakan, Warren bersama dengan para tim Otherside untuk pertama kalinya mengumukan sekuel dari game System Shock 2 yang berjudul System Shock 3. Di sana, ia menunjukan sedikitnya teaser penting yang mengawali munculnya keberadaan IP lawas yang hendak direvitalisasi tersebut.

 

Masih ingin membawa nafas yang sama, namun dengan balutan grafis Unity Engine yang lebih kekinian, keseluruhan cerita di seri System Shock terbaru ini masih tetap akan selalu berpusat pada keberadaan AI antagonis yang cukup ikonik bernama SHODAN (Sentient Hyper-Optimized Data Access Network). Selain itu, Warren juga menunjukan beberapa atmosfer-atmosfer menakutkan yang muncul dari penampakan mahluk mutan/zombie, robot gila sampai tentang potret manusia yang dijadikan sebagai semacam kelinci percobaan.

Teaser trailer di atas resmi menjadi awal mula penanda dari game System Shock 3 yang baru diumumkan. Meski belum diketahui kapan game ini akan segera rilis, patut kita tunggu bagaimana usaha keras Warren dan kawan-kawan dalam membuat keberadaan franchise System Shock masih relevan di era-era milenial sekarang.


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item