Setelah 3 Tahun Rilis di PC, Capcom Lepas Proteksi Denuvo untuk Monster Hunter World

Monster Hunter World

Salah satu game andalan milik Capcom yakni Monster Hunter World. Melalui sebuah update terbaru, secara diam-diam Capcom mulai melepas proteksi Denuvo pada game Monster Hunter World. Bukti tersebut diperkuat melalui munculnya perubahan yang disebarkan melalui SteamDB yang memperlihatkan dihapusnya third party DRM milik DENUVO. 

Hal tersebut bukanlah langkah yang pertama kalinya Capcom lakukan. Karena sebelumnya pada beberapa game seperti Resident Evil 3 Remake, Devil May Cry 5, dan Resident Evil 2 Remake. Mereka telah melepas DENUVO pada beberapa game di atas. 

Usaha penarikan DENUVO oleh Capcom pada Monster Hunter World ini, bisa dibilang mempunyai sebuah hal cukup menarik. Yakni, bila kalian perhatikan dari awal perilisan Monster Hunter World di PC pada bulan Agustus tahun 2018. Karena tercatat, baru hampir mendekati rentang waktu 3 tahun Capcom mau mulai mencabut proteksi DENUVO untuk game ini. Berbeda dari game-game Capcom keluaran 2019 ke atas yang proteksi anti-tampernya baru dilepas dalam rentang waktu kurang dari 2 tahun saja.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu DENUVO? Awalnya, mereka merupakan sebuah perusahaan bernama Denuvo Software Solutions GmbH asal Austria yang telah membuat suatu software bernama anti-tamper technology yang berguna untuk menjaga suatu game agar tidak mudah terbajak. Pada awal tahun 2018, Perusahaan tersebut telah berhasil diakuisisi oleh suatu perusahaan asal Belanda bernama Irdeto.  

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Bila kalian tertarik untuk membeli game Monster Hunter World beserta kumpulan DLC-nya, kalian bisa beli game tersebut melalui Steam dengan harga Rp.335.000 ribu rupiah untuk versi standar. Namun bila kalian tertarik untuk membeli DLC Monster Hunter Iceborne, kalian bisa membeli DLC tersebut secara terpisah dengan harga Rp.446.000 ribu rupiah.

Akan tetapi bila kalian ingin mendapatkan satu paket seperti Monster Hunter World beserta DLC Monster Hunter Iceborne, kalian harus merogoh kocek sebesar Rp. 669.000 ribu rupiah untuk versi Monster Hunter World: Iceborne Master Edition.


Baca lebih lanjut tentang DENUVO, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

 

 

Exit mobile version