Setelah 35 Tahun, Microsoft Ganti Warna Peringatan BSOD untuk Windows 11

BSOD2

Blue Screen Of Death, atau yang lebih kita kenal dengan BSOD akhirnya berubah warna menjadi hitam di Windows 11. Peringatan BSOD ini biasanya diakibatkan oleh kesalahan sistem yang fatal pada sistem operasi Microsoft Windows. Ini juga merupakan indikasi bahwa sistem operasi tidak dapat lagi beroperasi dengan aman, sehingga sistem akan melakukan tindakan pencegahan.

Menyesuaikan Dengan Tema Serba Hitam Windows 11

Setelah 35 Tahun, Microsoft Ganti Warna Peringatan BSOD untuk Windows 11 4

Ternyata, hal ini memang sengaja dilakukan oleh pihak Microsoft. Tampilan Windows 11 yang serba hitam, dirasa sangat cocok dengan peringatan BSOD berwarna hitam ini. Saat ini, Microsoft masih menguji perubahan desain barunya, namun Black Screen Of Death belum sepenuhnya diaktifkan.

Perubahan kecil-kecilan ini sering tidak dianggap penting. Perubahan remeh ini kalah dengan perubahan yang lebih mencolok seperti Dynamic Refresh Rate, Support Android Apps, dan masih banyak lagi.

Layar Biru” Sudah Berumur 35 Tahun

BSOD yang identik dengan warna biru ini pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft dengan sistem operasi Windows 1.0 pada tahun 1985. Meskipun saat ini Windows 11 masih menggunakan layar biru, namun dipastikan untuk kedepannya Microsoft akan menggantinya dengan warna hitam. Microsoft juga telah bereksperimen dengan berbagai warna, seperti hijau dan merah, namun crash yang paling umum selalu berwarna biru.

Black Screen Of Death dapat terjadi ketika GPU yang digunakan pengguna mengalami masalah, terutama saat pengguna salah menggunakan driver. Meskipun berwarna hitam, BSOD masih memiliki bentuk yang identik dengan wajah sedih, sama seperti sistem operasi sebelumnya.

Dari gambar di atas, Tomshardware bahkan sudah melakukan beberapa pengujian bagaimana cara mendapatkan Black Screen Of Death ini.

https://twitter.com/XenoPanther/status/1410420278866366465

Berdasarkan cuitan dari XenoPanther di atas, untuk mendapatkan warna hitam ini, pengguna harus mengganti sesuatu pada Registry Editor. Setelah mengutak-atik beberapa bagian, dipastikan warna yang awalnya biru akan berubah menjadi hitam.

Gimana menurut kalian brott? Apakah kalian tertarik untuk mencoba mengganti layar kematian Windows menjadi warna-warni? Yuk, share komentar kalian di bawah.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version