Setelah Groovy, Bot Rythm Juga akan Hentikan Servisnya untuk Discord

Rythm Bot
Developer bot Rythm dapatkan surat cinta dari Google dan YouTube untuk hentikan botnya.

Google sepertinya tengah gencar membuat perkara dengan menumpas siapapun yang bisa “mengakses servisnya secara gratis” tanpa iklan selama beberapa hari terakhir. Salah satunya adalah mematikan bot musik Discord Groovy yang kebanyakan musiknya hadir dari YouTube tanpa melewati iklan sama sekali.

Kali ini mereka menargetkan bot Rythm untuk segera mematikan servisnya setelah mengudara lebih dari lima tahun.

Sama seperti Groovy, Rythm merupakan bot musik yang bisa mengakses YouTube untuk memainkan musik di voice chat Discord. Ia adalah salah satu bot paling populer setelah Groovy karena juga bisa mengakses Spotify untuk melakukan hal yang sama.

Rythm rencananya akan menutup servisnya pada tanggal 15 September 2021 nanti. Meskipun demikian, pihak developer masih miliki proyek baru yang belum bisa diumumkan sama sekali.

Berbicara pada The Verge, kreator Rythm, Yoav menjelaskan bahwa ia mengetahui pengiriman surat cinta dari Google cepat atau lambat pasti terjadi. Oleh karenanya mereka telah mulai kerjakan hal baru sejak tahun lalu. “Apa yang terjadi pada Groovy akan segera terjadi pada semua (bot) dalam waktu dekat”, pungkasnya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sayangnya belum jelas apa yang dikerjakan Yaov untuk proyek terbarunya. Namun kemungkinan mereka membuat bot baru yang takkan lagi berurusan dengan YouTube untuk memutar musik di Discord.

Yaov percaya bahwa dengan dua bot musik terpopuler yang ditutup, maka bot serupa akan menerima surat cinta yang sama dari Google dan berbondong-bondong menutup servisnya.

Bot musik merupakan salah satu bagian dari budaya Discord. Namun dengan semakin besarnya popularitas Discord, maka wajar apabila perusahaan sekelas Google untuk melirik dan mencari tahu apa yang dilakukan komunitasnya.


Baca lebih lanjut tentang Berita, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version