Menjajal Shatterline — “Post Appocalypse” Shooter Heroes Cocok untuk Casual Gamer

20221006083221 1 2

Shatterline — Merupakan game FPS Shooter Heroes yang dibuat oleh Frag Lab LCC dan baru saja rilis pada tanggal 8 September 2022 lalu dengan status Early Access Game. Game ini bisa dibilang hadir sebagai mashup game dari berbagai macam referensi game FPS yang mungkin tidak asing di telinga para penggemar game shooter.

Terlepas bahwa Shatterline sendiri masih dalam tahap early access, game ini sudah cukup mengemas banyak fitur yang menarik untuk dicoba. Namun perlu diketahui juga bahwa game ini lebih condong memberikan pengalaman bermain yang casual dan memberikan quality of life kepada para pemainnya.

Setelah bermain sekitar 35 jam dan mengulik beberapa fitur-fitur yang hadir dalam game ini baik dalam PVP maupun PVE, memang benar bahwa ada rasa yang tidak asing karena game ini memiliki berbagai macam kemiripan dengan game jenis FPS yang cukup ternama.

Shatterline — Game Shooter Heroes Casual dengan Berbagai Macam Mashup Fitur

Layout yang tidak terlalu padat namun mudah di akses

Seperti yang sempat saya mention sebelumnya, hal ini harus kita highlight terlebih dahulu sebelum masuk ke berbagai macam fitur yang disuguhkan oleh Shatterline itu sendiri. Saya sendiri kaget betapa fleksibel game ini sampai membuat semua player yang baru main tiba-tiba langsung memahami control dan mekanisme game ini dalam waktu singkat. Namun bagaimana mereka bisa secepat itu disini saya akan jelaskan referensi ragam referensinya.

Namun dari berbagai macam referensi yang saya masukan belum tentu sama dengan pemikiran orang lain. Karena setelah melakukan banyak diskusi, masih banyak referensi yang lebih mendekati daripada game yang saya mention sebelumnya.

Walaupun berbagai macam referensi dan gameplay yang serupa dengan game lainnya. Shatterline memiliki hal yang unik tersendiri sehingga players sendiri masih dapat merasakan sebuah hal baru yang tidak repetitif atau generik FPS game pada umumnya.

Story

Dunia dalam Shatterline

Shatterline menceritakan sebuah semi-intelligent alien dalam bentuk entitas kristal yang menginvasi bumi, sebuah wabah galaksi yang membentuk planet sesuai keinginannya. Entitas ini tidak mengetahui rasa ampun maupun belas kasih, mereka hanya ingin memakan segala hal yang ada di sekitarnya, dan membuatnya menjadi satu bagian dari mereka.

Di tahun 2028, bumi telah berubah menjadi dunia penuh kristal dan hanya sebagian manusia saja yang memiliki imunitas terhadap wabah tersebut dan berusaha mencari tahu bagaimana cara untuk menghentikan wabah ini. Orang-orang yang memiliki imunitas ini kemudian membentuk Shellguard, sebuah organisasi operatives yang memberikan ilmuwan sebuah kesempatan untuk mempelajari alien yang merubah dunia menjadi kristal ini.

Akan tetapi mahluk hidup yang semula merupakan orang-orang dan hewan bukanlah musuh untuk Shellguard saja, terdapat orang-orang fanatik mereka adalah The Strafe of Witness atau disebut Strafer yang percaya akan datangnya musibah wabah ini merupakan sebuah jalan manusia untuk mencapai evolusi bagi umat manusia.

Terdapat lebih banyak lore dan plot story di hadirkan pada co-op PVE dimana saat briefing atau saat ada cutscenes seperti intro. Hal menarik lainnya yang berkaitan dengan lore juga dapat kalian temukan di codex yang dapat kalian baca saat loading screen muncul.

Gameplay

Fitur gameplay memberikan pengalaman mobility yang sangat cepat

Secara singkat, Shatterline mengutamakan pengalaman mobility yang sangat cepat namun tidak secepat Apex Legend. Bisa dibilang lebih condong kepada mobility ala Call of Duty, dimana mekanisme dari sliding yang menjadi kunci utama di dalamnya. Fitur sliding yang mirip dengan COD ini membuat kalian juga tidak asing dengan bagaimana player COD pada umumnya menggunakan sliding sampai exploitasi mobility tersebut.

Game ini memiliki TTK (Time To Kill) yang relatif cepat membuat game ini terasa sangat cepat. Setiap senjata pada dasarnya tidak terlalu over powered namun game ini terasa less recoil dimana kalian menembak layaknya sebuah laser menjadikan semua orang dapat menghentikan player lain dengan cepat. Tidak ketinggalan ultimate ability setiap operator yang mayoritas merupakan one shot kill juga menjadi faktor pendorong TTK yang cepat di game ini.

Shatterline hadirkan dua jenis game mode yang dapat kalian mainkan yaitu PVP dan PVE. Dua jenis game mode ini memiliki variasi yang sangat variatif dan utilitas tersendiri dengan benefit yang berbeda dan cukup kontras sehingga kita dapat memilah saat memilih game mode tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Konten PvE ala Rogue Like

Grafis yang memukau!

PvE dalam game ini benar-benar mirip seperti bermain Back 4 Blood yang membedakan adalah jumlah partisipasi player, fleksibilitas kita saat meng-akses senjata dan rogue like feeling yang berbeda dari jenis survival shooter PVE pada umumnya. Tidak ada tingkat difficulty dan save point seperti Back 4 Blood namun Shatterline memberikan Contamination Bar Meter sebagai fitur dimana player tidak boleh leha-leha karena semakin lama kalian menyelesaikan scenario maka bar meter tersebut akan memberikan buff kepada musuh maupun debuff kepada kita secara signifikan.

Selama progress scenario berlangsung kita harus mencari sebuah supply point yang memberikan berbagai macam buff kepada player secara acak ataupun sebuah senjata dengan tier yang acak juga. Dalam 1 scenario ini terdapat total 4 stage namun tidak ada save point melainkan sebuah minigame atau mini boss yang harus kalian selesaikan untuk dapat melanjutkan ke stage berikutnya.

Konten PvP untuk kompetitif

Menjajal Shatterline — "Post Appocalypse" Shooter Heroes Cocok untuk Casual Gamer 11

PvP atau Player vs Player merupakan game mode paling umum dimana kita saling adu skill di dalam 4 macam game mode; Conquest dimana kita harus memperebutkan daerah yang berubah-ubah setiap waktunya, Demolition adalah bomb mission yang terdiri dari Site A dan site B, Escort adalah game mode dimana kita mengatarkan supply point dari satu titik ke titik lainnya dan Team Deathmatch game mode dengan mencari kill paling banyak dengan respawn yang cepat dan random.

Gameplay PvP ini sangatlah mirip seperti COD dimana fitur slide atau sliding menjadi kunci utama selama kalian saling adu tembak di match tersebut, apapun yang kalian lakukan tinggal diterobos dengan sliding sambil menembak atau melempar skill. Hal yang sedikit membedakan adalah para operator yang memiliki unique ability sendiri sehingga hanya sebagian tempat bisa di akses oleh operator tertentu dan disini kalian dapat menendang environment sekitar seperti box dan mobil sebagai platform atau untuk berlindung. Sama seperti PvE kita dapat mengganti attachment saat proses game masih berlangsung.

Progression dalam Bermain

Progression dalam game Shatterline

Game ini menawarkan sebuah progression level mulai dari operator sampai ke senjatanya sendiri, semakin besar level progression semakin banyak juga unlockable attachment untuk senjata yang digunakan. Selain attachment terdapat tier weapon dimana untuk dapat mengakses tier weapon yang lebih tinggi kita harus meng akumulasikan EXP tertentu. Dan spesial skill yang unik juga bila operator telah mencapai level max. Untuk sekarang level cap untuk operator berada di level 8 dan untuk senjata berada di level 12

Untuk menaikan level progression kita hanya harus memainkan game saja baik itu mode PvP maupun PvE. Game ini menyediakan tasks yang kurang lebih sama seperti quest pada umumnya. Tasks tersebut terdiri dari daily tasks yang reset setiap harinya, weekly tasks yang reset setiap minggunya, dua tasks tersebut memberikan EXP (untuk players) dan blueprints (yang berguna untuk crafting) dan yang terakhir adalah operative tasks yang hanya dapat diselesaikan dengan menggunakan operator tertentu. Operative tasks tidak memberikan exp atau blueprints melainkan sebuah loot box gacha berupa aksesoris atau skin untuk operator tersebut.

Crafting yang Menarik

Ada sistem crafting yang bisa memberikan pengalaman bermain lebih seru

Crafting merupakan sebuah fitur gacha yang dapat kalian beli menggunakan Blueprints. Crafting sendiri sejauh apa yang saya dapatkan selama bermain hanya berupa skins, dan trinkets yang merupakan aksesoris untuk senjata yang digunakan saja sedangkan aksesoris operator hanya didapatkan dari loot box yang kita dapatkan baik dari operative tasks ataupun progress level player.

Blueprints hanya bisa diperoleh dengan menyelesaikan stage-stage PvE serta mengerjakan tasks daily maupun weekly. Stage pertama memberikan 2 blueprints, stage kedua memberikan 4 blueprints, stage ketiga memberikan 8 blueprints, dan stage terakhir memberikan 12 blueprints. Namun apabila seluruh squad kalian mati dari salah satu stages tersebut, reward kalian akan dipotong setengah. Sehingga pemain didorong untuk memikirkan secara matang apakah harus extract atau melanjutkan ke stage berikutnya.

Graphic

Graphic yang indah berserta efek bloom yang detail

Graphic Shatterline hadir dengan menggunakan Amazon Lumberyard memberikan sebuah gambar yang sangat detil dan warna yang cukup tajam, kualitas animasi dari setiap skill operator dan animasi senjata dirasa memiliki detail yang bagus dan unik. Animasi setiap mini boss dan spesial monster memiliki detail unik dan karakteristik yang terlihat jelas, kristal dan environmental yang menggambarkan nuansa post appocalypse digambarkan secara bagus. Dan efek bloom dari ultimate operator terlihat sangat tajam sehingga terasa memberikan spotlight bahwa operator tersebut sedang menggunakan jurus andalannya.

Kesimpulan

Shatterline menjadi game yang menjanjikan

Walaupun Shatterline masih di tahap early access, game ini telah memberikan sebuah spot yang nyaman untuk para casual gamer. Bisa dibilang sama seperti yang saya rasakan saat bermain game Titanfall 2. Semacam tidak ada tekanan langsung untuk membuat pemain harus berjiwa kompetitif dalam game ini, dimana hal tersebut adalah sesuatu yang cukup langka terutama ketika kita membahas game dengan genre FPS

Game yang seru dan asyik bersama Player lain

Dengan menyediakan 2 jenis game mode, Shatterline juga berhasil menarik perhatian lebih banyak audience dan memberikan pilihan untuk para gamers di manakah comfort zone kalian saat memainkan game ini. Saya berharap kalian mau mencoba game ini karena game ini benar-benar menjanjikan walau dengan keterbatasan konten yang tersedia.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Review Game atau artikel lainnya dari Cikal. For Further Information and other inquiries, you can contact us via autor@gamebrott.com

Exit mobile version