Shin Megami Tensei IMAGINE Akan Segera Menutup Service-nya di Jepang

asdasdasd

Sembilan tahun yang lalu free-to-play MMORPG milik ATLUS, Shin Megami Tensei: IMAGINE dirilis dan player berkesempatan mengeksplorasi kota Tokyo dengan ditemani beberapa demon yang bisa ditangkap di luar kota. Jika kamu lebih mengenal Persona series, maka kamu tidak akan kerepotan mengenal para demon yang ada di game ini, karena masih satu dunia dengan Persona (Persona memiliki judul Shin Megami Tensei: Persona). Sejak tanggal rilisnya, Shin Megami Tensei IMAGINE terus berkembang hingga merambah ke mancanegara khususnya Eropa dan Amerika yang pada saat itu dipegang oleh Aeriagames dan kemudian diambil alih oleh ATLUS US sendiri.

Setelah penutupan service resminya di US dan Eropa 2 tahun lalu, kini Atlus berencana untuk menutup total Shin Megami Tensei IMAGINE di server pusat di Jepang pada tanggal 24 Mei nanti. Mereka juga menyatakan beberapa tahapan proses sebelum penutupan server resminya sebagai berikut:

11 Maret – 14:00 WIB: Penutupan pendaftaran akun baru

15 Maret – 08:00 WIB: Aplikasi refund CP yang belum dibelanjakan dimulai

15 Maret – 09:00 WIB: Pemberhentian service warnet resmi

23 Maret – 11:00 WIB: Tidak ada lagi pembelian CP

24 Mei – 09:00 WIB: Penutupan total server Shin Megami Tensei IMAGINE

24 Mei – 09:00 WIB: CP tidak bisa digunakan

31 Mei – 09:00 WIB: Aplikasi refund CP berakhir

31 Mei – 09:00 WIB: Proses refund bagi yang sudah mengajukan aplikasi refund CP

7 Juni – 14:00 WIB: Customer support berakhir

28 Juni – 14:00 WIB: Personal relation berakhir

30 Juni – 16:00 WIB: Proses refund berakhir

*CP adalah mata uang Item Mall

Sungguh disayangkan game ini menutup total servicenya. Saya sendiri masih ingat ketika saya memainkan game ini yang pada saat itu dipublish oleh Aeriagames. Game ini memiliki gameplay yang unik dan berbeda dari MMORPG yang lain, kalau disamakan dengan game jaman sekarang mungkin game ini memiliki gameplay yang mirip dengan Digimon Masters Online (2011) namun berbeda dengan Digimon Masters Online, selain memiliki cerita yang menarik ala Persona / Shin Megami Tensei, player bisa menangkap semua monster di field untuk dijadikan demon partnermu, menggabungkannya dengan demon lain milikmu, bahkan merubah demonmu menjadi lebih kuat lagi.

Komunitasnya yang solid juga membuat saya ketagihan memainkan game ini, saya masih ingat clan saya dulu memiliki ketua yang sangat ramah dan siap membantu dan mengajak saya untuk ikut bermain bersama di waktu yang disepakati bersama. Namun sayang, setelah berpindah tangan dari Aeriagames ke Marvelous di bawah naungan ATLUS USA saya tidak lagi memainkannya hingga mereka menutup servicenya 2 tahun yang lalu di US & Eropa.

Semoga saja dengan ditutupnya service Shin Megami Tensei: IMAGINE, ATLUS bisa membawakan game MMORPG yang lebih baik lagi, terlebih bisa mengikuti jejak kesuksesan Shin Megami Tensei: IMAGINE. Good job ATLUS!

Source: Persona Central

Exit mobile version