Shujinkou adalah JRPG yang akan Bantumu Belajar Bahasa Jepang

in , , ,
Shujinkou
Kamu bisa belajar bahasa Jepang lewat video game.

Belajar memang menjadi kegiatan kegiatan wajib bagi setiap orang. Pada umumnya mereka akan mengenyam pendidikan formal mulai dari beberapa tahapan. Baik dari sekolah TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Namun tak jarang banyak siswa maupun mahasiswa yang menganggap proses belajar mengajar tradisional terasa sangat membosankan. Oleh karenanya, banyak sekali pengajar mencoba untuk mengatasinya dengan memberikan metode belajar sembari bermain.

Seiring berkembangnya teknologi, metode belajar juga berkembang menjadi lebih bervariasi. Mulai dari mempelajari melalui media televisi dengan acara edukatif, hingga memainkan video game.

Nintendo telah memulai hal ini terlebih dahulu melalui video game edukatifnya untuk belajar bahasa Jepang. Mereka bahkan miliki kamus bahasa Jepang ke Jepang untuk Nintendo DS maupun 3DS untuk para pembelajar bahasa Jepang, baik orang asing maupun warganya sendiri. Kabar baiknya, bagi kamu yang hobi sekali bermain video game khususnya JRPG, maka kemungkinan kamu akan terbantu berkat kehadiran game berikut.

Rice Games mengumumkan game terbaru mereka berjudul Shujinkou (secara harfiah berarti “tokoh utama”). Game ini merupakan 2D JRPG yang akan ajakmu bertualang dan mempelajari bahasa Jepang sembari menikmati mekanik RPG yang mereka sajikan.

Tak hanya belajar hurufnya seperti hiragana, katakana, maupun kanji, kamu juga akan diajak untuk belajar susunan kalimat hingga kosakata. Tak terkecuali beberapa kosakata yang juga sering digunakan dalam video game berbahasa Jepang.

Menariknya, game ini akan menyajikan pembelajaran bahasa Jepang yang lebih menyenangkan dan tak terasa seperti pelajaran pada umumnya. Rice Games menjelaskan bahwa mereka telah siapkan materi pembelajaran bahasa Jepang mulai dari JLPT (TOEFL versi Jepang) level N5 hingga N3 atau dari pemula hingga menengah.

Shujinkou akan miliki lebih dari 50 jam storytelling untuk mengajarimu tentang menulis dan berbicara dalam bahasa Jepang. Gamenya sendiri akan dirilis pada tahun 2021 mendatang untuk PC, PlayStation 4, dan Nintendo Switch. Hingga tulisan ini turun, belum ada kejelasan apapun tentang tanggal rilis pastinya.


Baca lebih lanjut tentang Shujinkou, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected]