Siap Kejar Samsung dan Apple, Huawei Siapkan Kirin 990

in ,

Huawei dengan Smartphone model P nya memanglah perangkat dengan kemampuan kamera terbaik, namun nyatanya dalam beberapa hal mereka belumlah sebanding dengan Samsung dan Apple, terutama dari sektor Video P20 dan P30 yang belum support perekaman 4k 60 FPS, berbeda dengan dua pesaingnya diatas yang sudah lebih dulu memperkenalkan kemampuan teknologi perekaman terbaik untuk saat ini.

Dalam hal ini tentu saja raksasa China ini tak ingin ketinggalan, dengan berniat mengejar ketertinggalan, Huawei sudah menyiapkan Chipset terbaru dengan nama Kirin 990.

Kabar baiknya untuk para pecinta Huawei adalah bahwa menurut Neowin sebagai perwakilan Huawei, ketika menghadiri Huawei Developers Conference yang diadakan di Shenzhen pekan lalu, Huawei mengkonfirmasi bahwa prosesor Kirin 990 akan mendukung perekaman video 4K 60fps. Prosesor akan debut pada seri Mate 30 mendatang. Smartphone baru dalam seri ini akan dipasarkan pada 19 September.

Apple telah memperkenalkan iPhone 8, 8 Plus, dan X pada musim gugur 2017 yang tentunya sudah support perekaman 4k 60 fps.  Kemudian, Qualcomm juga menambahkan fitur ini ke chipset Snapdragon 845 yang tentunya juga sudah rilis terlebih dahulu. Qualcomm menggandeng Samsung untuk mendukung fitur ini dalam seri S9 yang diluncurkan pada musim semi 2018.

Terlepas dari ini, Huawei HiSilicon Kirin 990 yang akan datang dengan proses pembuatan melalui teknologi node ultraviolet ekstrim ultraviolet (EUV). Menurut Huawei, dimana pengembangan ini sudah dilakukan sejak seri sebelumnya dan memakan biaya yang fantastis, pengembangan proyek Kirin 980 menelan biaya lebih dari $ 300 juta.  Huawei mempelajari spesifikasi proses 7nm dalam proses ini. Seluruh proses penelitian dan pengembangan berlangsung selama 36 bulan. Jadi bisa dibilang, Huawei memanglah telat, namun mereka menunjukan perkembangan yang mengarah kepada mengejar ketertinggalan dari dua kompetitor utamanya tersebut.


Sumber: Gizchina


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Contact: [email protected]