Sistem Keamanan Akun di EGS Kacau, Buat Kamu Bisa Memainkan Game yang Belum Dibeli


Dibandingkan dengan platform penjualan game-game digital yang lain, banyak hal yang sepertinya masih belum dipunyai oleh Epic Games Store (EGS) dalam memberi sebuah kualitas layanan fitur yang sepadan. Bahkan dalam segi keamanannya saja, banyak yang cukup mempertanyakan kapabilitas platform milik Tim Sweeney ini untuk bisa hadir dan menguasai pasar penjualan game-game PC lewat kebijakan eksklusivitasnya.

Contohnya melalui kabar yang baru-baru ini diinfokan CCN, mereka baru saja mendapati adanya satu kecacatan sistem kemanan akun EGS yang memungkinkanmu untuk bisa memainkan sejumlah game-game di sana tanpa perlu mempunyai atau membeli game tersebut. Bagaimana bisa ? Berikut penjelasan yang ingin disampaikan oleh Willian Worral selaku jurnalis CCN.

Pada umumnya, para user yang sudah masuk (log in) ke layanan Epic Games Store dapat memainkan game yang sudah mereka beli seperti layaknya launcher-launcher game pada umumnya. Namun ketika sudah log out, Worral mengklaim bahwa para user kabarnya masih tetap bisa memainkan game-game EGS yang sudah terinstall di perangkat komputer atau laptop mereka, bahkan ketika kamu log in dengan menggunakan akun lain.

Jangan lewatkan •
Kini Kamu Bisa Mendapatkan Senjata dan Loot dari Mesin Penjual Otomatis di Fortnite

 

Ya, meski berkesan seperti pengimplementasian offline mode ataupun family sharing yang lebih praktis dalam 1 hardware, agak aneh rasanya apabila EGS mau membiarkanmu untuk memainkan game yang pada dasarnya belum dimiliki oleh akunmu. Karena Steam saja masih tergolong rajin menginfokan bila kamu sama sekali tidak mempunyai atau memiliki hak dalam memainkan suatu game apabila kamu tidak berada dalam akun yang tepat.

Selain mengenai akun, ada pula yang melaporkan bila para user EGS bisa memainkan game yang sebelumnya sudah mereka kembalikan atau refund.


Worrall pun lalu mengasumsikan bahwa konyolnya bentuk keamanan EGS tersebut nampak bersumber dari ketiadaan DRM di dalam store mereka. Begitu juga dengan sistem pengecekan lisensi game di tiap akun user yang sepertinya sama sekali tidak diimplementasikan.