Sistem Limitasi Mining pada GPU RTX 30 Akhirnya Terbobol, Bisa Keluarkan Performa 70%

Nbminer Gpu Lhr 2

Berdasarkan informasi terbaru yang dikeluarkan oleh situs NBMiner, sepertinya gamer tidak bisa berharap harga GPU akan turun dalam waktu dekat. Hal ini disebabkan oleh update NBMiner 39.0 yang dapat memanipulasi limitasi fitur LHR yang ada pada GPU dari Nvidia tersebut. Tidak tanggung-tanggung, update terbaru tersebut bahkan mampu mengeluarkan lebih dari setengah performa dari GPU dengan fitur Lite Hash Rate tersebut.

Buat yang belum tahu, NBMiner merupakan sebuah aplikasi untuk mining koin digital atau cryptocurrency tertentu. Diantaranya seperti ETH, RVN, GRIN, BEAM, CFX, ZIL, ERGO, AE, SERO yang diperuntukkan untuk GPU NVidia dan AMD.

Mampu Mengeluarkan 70% Performa GPU RTX 30 LHR

Menilik changelog yang dikeluarkan oleh aplikasi khusus mining tersebut, NBMiner diklaim mampu mengeluarkan hampir 70% performa GPU dengan fitur LHR. Hal ini diperkuat dengan sebuah komentar oleh salah seorang pengguna pada situs VideoCardz, yaitu ECrypto yang menyertakan hasil pengujiannya sendiri.

ECrpyto mengonfirmasikan bahwa benar adanya bahwa dengan menggunakan NBMiner 39.0 tersebut dapat meningkatkan performa mining pada GPU RTX 3060Ti LHR yang dimilikinya. Bila kita hitung, setidaknya terdapat peningkatan performa sebesar 70%, yang awalnya hanya 24Mh menjadi sebesar 40,78Mh.

RTX 30 LHR Bakal Menjadi Incaran Para Penambang?

Dengan munculnya inovasi terbaru dari aplikasi khusus mining tersebut, diperkirakan GPU LHR memiliki kemungkinan untuk diincar oleh para penambang. Meskipun performa yang ditawarkan memiliki perbedaan yang lumayan dibanding GPU Non-LHR, namun peningkatan 70% agaknya menjadi sebuah celah bagi penambang.

Sebenarnya, cara kerja NBMiner ini tidak bersifat meng-unlock performa dari GPU LHR, namun lebih ke arah manipulasi performa GPU. Manipulasi tersebut mampu melakukan penyesuaian tingkat hash maksimum yang sebelumnya tidak dapat dibuka, alias dibatasi untuk GPU LHR.

NBMiner menyarankan penggunanya untuk tidak menggunakan lebih dari 68% pada pengaturannya dikarenakan tidak ada algoritme lain yang saat ini didukung. Dengan angka tersebut, performa GPU LHR akan dapat ditingkatkan, namun kemungkinan tidak akan memiliki performa layaknya GPU Non-LHR. Nah, apa pendapat kalian terhadap aplikasi ini, brott? Apakah Nvidia yang terlalu lengah, atau para developer aplikasi ini yang terlalu pintar untuk melakukan bypass terhadap limitasi Nvidia?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version