Skandal Pengembang Midjourney, Ketangkap Basah Melatih AI dari Ribuan Ilustrator!

Skandal Pengembang Midjourney

Dalam dunia digital yang terus berkembang, berbagai kasus yang mengejutkan seringkali terjadi, salah satunya yang baru-baru ini menggemparkan adalah skandal pengembang Midjourney yang terjadi baru-baru ini.

Skandal Pengembang Midjourney, Ketangkap Basah Latih AI dari Ribuan Ilustrator!

Siapa sangka, hasil kecerdasan buatan ini ternyata dari ilustrator lain?

Sebuah kontroversi baru menerpa para pengembang Midjourney, yang ditangkap basah tengah membicarakan tentang pencucian dan pembuatan database artis. Para artis ini telah ‘disederhanakan’ menjadi sekedar gaya pada algoritma yang mereka miliki, bukan lagi sebagai individual berbakat.

Terkait dengan kasus ini, terdapat kalimat yang sangat mencolok: “engineer prompt, kemampuan yang kamu miliki bukanlah milikmu sendiri”, yang menunjukkan bahwa dalam dunia teknologi, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang individu tidak hanya milik mereka sendiri.

JonLamArt membagikan screenshot skandal AI

Dalam konteks kasus Midjourney, ini berarti bahwa developer harus memikirkan konsekuensi dari tindakan mereka. Mereka tidak bisa hanya fokus pada keuntungan mereka sendiri, seperti menciptakan algoritma yang lebih baik.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh JonLamArt di Twitter X, pengembang Midjourney ini seharusnya mempertimbangkan dampak dari tindakan tersebut. Seperti bagaimana mereka menggunakan karya seni dan apakah mereka menghormati hak dan identitas artis yang menciptakan karya yang hanya ‘sekadar’ jadi bahan referensi AI.

Mengorbankan Ribuan Ilustrator dengan Style Berbeda!

Mengorbankan ribuan ilustrator demi menyempurnakan AI yang mereka miliki

Masih berdasarkan cuitan JonLamArt di atas, skandal pengembang Midjourney ini juga di-screenshot olehnya. Tampak di mana sang pengembang dengan nickname DavidH mengungkapkan bahwa kecerdasan buatan yang mereka miliki berpatokan dari sekitar 4.000 ilustrator dengan 1.000 style berbeda, dan bisa saja lebih.

Ribuan ilustrator dari game ‘Magic the Gathering’

Lebih lanjut, semua gambar yang konon akan dibuat oleh AI tersebut sebenarnya telah di-render terlebih dahulu supaya mempercepat proses. Tidak hanya itu, ribuan ilustrator tersebut tampak diambil dari Wikipedia dan Magic the Gathering, termasuk gaya gambarnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version