Skyrim Anniversary Edition Kemungkinan Bakal Sebabkan Masalah Kompabilitas Pada Mod Lama

Skyrim Draugr Mod Rideable 1200x675

The Elder Scrolls V: Skyrim telah dapatkan 2 remaster, satu ialah Special Edition yang dirilis pada tahun 2016 silam, satu lagi ialah Anniversary Edition yang akan datang tahun ini untuk PC dan console modern.

Apabila kamu punya pengalaman dengan remaster pertama, maka mungkin kamu ingat dimana kamu menghadapi masalah dengan mod-mod dari versi original (2011) yang tidak kompatibel dengan Special Edition. Tampaknya masalah serupa akan terjadi pada Anniversary Edition mendatang.

Anniversary Edition pada dasarnya ialah versi 64-bit dari Special Edition dengan semua konten Creation Club diberikan ditambah dengan beberapa konten baru seperti memancing dan update visual. Konten ini akan diberi secara gratis sebagai update untuk semua pemilik Special Edition melainkan dibuat program terpisah. Dan salah satu developer dari SKSE menyebut kalau update Anniversary Edition ini dapat merusak kompabilitas mod yang sudah ada sekarang.

Menurut modder SKSE, Bethesda telah perbarui basis compiler dari Skyrim dari yang awalnya Visual Studio 2015 menjadi Visual Studio 2019. Perbaruan ini menghasilkan kode yang berbeda, membuat banyak mod menjadi “rusak” dan harus dibuat ulang oleh modder untuk menghubungkan fungsi dan hook mod mereka ke basis compiler tersebut.

SKSE yang menjadi salah satu mod “harus punya” di Skyrim dan juga paling aktif diperbarui tidak begitu mengalami masalah. Yang dipermasalahkan ialah mod dan plugin lain khususnya yang meminjam fungsi dari SKSE.

Skyrim telah berumur hampir 10 tahun, 4 tahun untuk versi Spesial Edition. Dirinya tak yakin semua modder punya waktu untuk memperbarui mod mereka. Banyak di antara mereka telah beralih ke hal lain atau sibuk dengan pekerjaan dan kehidupan mereka, atau malah sudah tidak ada lagi. Maka dari itu, ia yakin kalau akan banyak mod lama yang tidak berfungsi pada Anniversary Edition mendatang, dan akan butuh waktu untuk ekosistem modding Skyrim untuk beradaptasi kembali dengan transisi edisi baru.

Bethesda masih dapat turun tangan untuk menghindari masalah pada ekosistem modding game mereka. Namun apabila skenario terburuk terjadi, beberapa tim modder telah merencanakan semacam program untuk mengatisipasi masalah kompabilitas mendatang.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version