Smartphone dengan AI Tertanam Kabarnya Butuh RAM Kapasitas 20GB

Smartphone Dengan Ai

Di akhir tahun 2023 ini, siapa yang tidak kenal kecerdasan buatan atau AI. Setidaknya orang yang paham teknologi pasti sudah kenal dengan AI sejenis ChatGPT, Bard, atau Midjourney. Kesamaan dari ketiga itu adalah mereka sama-sama generative AI yang cloud-based.

Tren sekarang sepertinya mulai bergerak ke AI yang bisa bekerja dalam device dan tidak andalkan pemrosesan secara daring. Terlebih dengan adanya device seperti smartphone. Tentu bila generative AI ini bekerja secara on-device akan membuat pengalaman menggunakannya jadi lebih mulus.

Smartphone dengan AI On-Device Kabarnya Butuh 20GB RAM Biar Lancar

Kecerdasan buatan di ponsel

Produsen chip untuk ponsel pintar juga tidak tinggal diam dengan tren AI ini. Baik Qualcomm, Mediatek, maupun Samsung lewat chipset Exynos-nya dikabarkan akan sematkan kapabilitas generative AI didalamnya.

Hanya saja berita yang tidak begitu menyenangkannya adalah teknologi seperti ini sangat boros resource. Terlebih software ini sangat boros RAM yang mengisyaratkan manufaktur butuh sematkan lebih banyak memori tersebut dalam paket chipset mereka.

Ukuran RAM untuk jalankan AI dengan mulus

Menurut laporan dari Tech Reve, jika tipikal smartphone biasa saat ini tanpa kapabilitas AI membutuhkan 8GB RAM, maka perangkat dengan teknologi menciptakan gambar dengan AI setidaknya butuh 12GB. Kalau perangkat dengan tambahan AI digital assistant paling tidak butuh 20GB RAM agar berjalan mulus tanpa hambatan.

Bakal Ada Lonjakan Ukuran RAM Smartphone dalam Waktu Dekat

Akan ada lonjakan kapasitas RAM

Melihat tren seperti ini, bukan tidak mungkin kedepannya RAM di ponsel pintar bahkan bisa menyaingi RAM laptop kelas menengah ke atas saat ini. Untuk saat ini setidaknya masih jarang ada smartphone yang punya memori setinggi itu.

Kalau 2-3 tahun kedepan itu mungkin sudah lain cerita. Manufaktur smartphone tampaknya mulai bergerak untuk integrasikan generative AI dalam perangkat. Bagaimana menurut kalian brott? Apakah wajar smartphone punya RAM hingga 20GB atau lebih tinggi?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version