Snapdragon 8Gx Gen 1 Miliki Nama dan Logo Baru

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1

Belum lama ini, MediaTek resmi merilis prosesor andalan Dimensity 9000. Awalnya, dikabarkan akan disebut Dimensity 2000. Tetapi tampaknya pada menit terakhir, perusahaan berubah pikiran dan juga aturan penamaan.

Namun, ini bukan satu-satunya chip kelas atas yang hadir dengan nama berbeda. Seperti yang Anda ketahui, prosesor generasi baru Qualcomm, penerus seri Snapdragon 888 akan disebut Snapdragon 8 gen 1.

Secara umum, kita telah menunggu model lanjutan Snapdragon 888 yang disebut Snapdragon 898. Namun akan datang dengan nama “Snapdragon 8 Gen 1”. Hal ini menyebabkan banyak kegemparan di net.

Tapi ini bukan cerita terakhir. Seperti yang dibuktikan oleh keterangan rahasia Weibo, chip tersebut akan berganti nama lagi. Menurutnya, nama baru tersebut adalah Snapdragon 8Gx Gen 1.

Nama yang baru diekspos lebih rumit dari sebelumnya. Banyak pengguna yang sangat bingung dengan penamaan ini. Kami berharap Qualcomm akan datang dengan beberapa penjelasan dalam waktu dekat.

Sedangkan untuk spesifikasinya, sepertinya tidak ada yang berubah. Chip tersebut masih menggunakan proses 4nm Samsung dan hadir dengan desain arsitektur tiga cluster. CPU memiliki 13.0GHz X2 inti super besar + 32.5GHz inti besar + 4*1.79GHz inti kecil, dan GPU adalah Adreno 730.

Hari ini, AnTuTu juga menunjukkan mesin baru berbasis chip ini. Menurut skor benchmark, skor sub-item CPU dari prototipe Snapdragon 8 Gen1 adalah sekitar 23W, yaitu sekitar 20% lebih tinggi dari Snapdragon 888 Plus dengan frekuensi yang sama.

Skor GPU sekitar 44W, dan skor meningkat sekitar 40%. Plus, itu mengintegrasikan baseband Snapdragon X65. Jadi, kita berurusan dengan model generasi berikutnya dan bukan varian yang sedikit ditingkatkan.

Qualcomm akan mengumumkannya pada 1 Desember. Mengenai Dimensity 7000 5nm, @DCS mengklaim bahwa chip ini akan tiba setelah Q1 tahun depan. Qualcomm juga akan melakukan upgrade berulang dari prosesor seri Snapdragon 7.

Namun, beberapa hari yang lalu Qualcomm sudah secara resmi menyatakan bahwa Snapdragon akan menjadi merek independen di masa depan. Saat itu, Snapdragon tidak akan muncul lagi secara paralel dengan merek Qualcomm.

Menurut seorang blogger Twitter @kuba, logo Snapdragon 8gx Gen1 diperoleh dari versi uji coba situs web sementara Qualcomm. Ini tidak berarti kita berurusan dengan versi final dari logo.


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version