Socket Terbaru AMD Dirumorkan akan Menggunakan LGA Seperti Intel

Qsnmr2ubbrhkcwebbzd4cn

Bagi para gamer dan juga perakit PC, socket AM4 pada motherboard AMD mungkin bisa dibilang salah satu socket yang dapat diandalkan untuk seluruh seri processor AMD Ryzen terkini. Karena hingga saat ini, AMD sendiri masih berfokus menggunakan socket AM4 pada processor AMD Ryzen 5000 series mereka. Walau beberapa chipset seperti X470,B450 dan ke bawahnya tidak kompatibel untuk penggunaan AMD Ryzen 5000 series.

Kini setelah beroperasi selama lima, hingga enam tahun lamanya sejak tahun 2016, socket AM4 sepertinya akan mulai digantikan ketika next-gen processor AMD Ryzen tiba. Karena dikutip dari Videocardz, kabarnya mereka telah menemukan sedikit informasi mengenai penggunaan socket terbaru dari AMD, yakni AM5 dari seorang pembocor informasi bernama Executablefix yang ia perlihatkan melalui akun Twitternya.

Sebelumnya, bagi kalian yang belum mengetahui Executable itu siapa? Ia merupakan seorang pembocor informasi hardware yang sebelumnya telah membocorkan secara akurat mengenai informasi spesifikasi AMD Ryzen 7 5800U, AMD Ryzen 7 5700U, dan beberapa jajaran processor AMD Ryzen mobile lainnya.

Melalui akun Twitternya, Executable memberikan sedikit info mengenai fitur apa saja yang akan AMD berikan pada socket AM5 terbaru mereka. Di antaranya seperti tidak lagi menggunakan pin yang menancap di processor AMD Ryzen, melainkan menggunakan pin yang menancap di motherboard seperti yang digunakan Intel yakni LGA-1718. Lalu menggunakan ram dual-channel DDR5 terbaru, PCIe 4.0, dan menggunakan chipset seri 600.

Walau informasi di atas masih terbilang sebuah rumor, namun bisa dibilang informasi tersebut dapat mengejutkan kita semua. Karena beberapa dari kita tentunya mengetahui bertahun-tahun lamanya AMD mengandalkan penggunaan PGA atau kita dikenal dengan penempatan pin pada processor, kini mereka beranjak menggunakan LGA seperti yang Intel pakai yakni penempatan pin pada motherboard.

Perlu diingat, AMD sendiri hingga saat ini belum buka bicara mengenai keberadaan socket AM5 pada motherboard mereka. Mengingat pada bulan Oktober yang lalu, mereka baru saja merilis AMD Zen 3 atau kita kenal dengan AMD 5000 series. Jadi sepertinya kita semua harus bersabar hingga waktu yang tak ditentukan.


Baca lebih lanjut tentang AMD, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. 

For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version