Sony Akhirnya Bocorkan Tentang PS5, Support 8k Serta Backward Compability


Follow Us

PS 5 telah menjadi rumor yang sangat hangat untuk di perbincangkangan. Berbagai prediksi dan ekspektasi mulai bermunculan dari A hingga Z. Penantian tentang munculnya PS 5 memang bukan hal yang mengejutkan lagi, mengingat telah bertahun-tahun lamanya sejak generasi sebelumnya beredar dipasaran. 

Nulis artikel dibayar

Memberi gambaran tentang rasa penasaran performa dan kemampuan next gen sony. Tak tanggung-tanggung Mark Cerny selaku arsitek dari ps4 yang juga bertanggung jawab pada console next-gen ini sendiri memberi bocoran dan memperbincangkan mengenai project next-gen sony melalui wawancara exclusive situs Wired. Mark Cerny blak-blakan mengenai konsol next-gen ciptaan mereka dan ekspektasi performa yang akan dihasilkan.

1. Mengenai WaktuHasil gambar untuk end of playstation 4

Project Next-gen konsol Sony sudah bergerak sejak 4 tahun lalu, mereka menyatakan bahwa next-gen ini tak sekedar upgrade belaka. Cerny mengatakan ingin memberikan sebuah pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Ia juga menambahkan bahwa konsol terbaru tidak akan memberikan perubahan yang mendasar, dalam artian bahwa next-gen ini akan memberikan perubahan yang tak tanggung. Lalu kapan Console ini Akan keluar kira-kira? Ia sendiri juga tidak menjelaskan tanggal kepastian next-gen konsol ini akan rilis. Namun yang dapat dipastikan konsole next-gen Sony ini sendiri belum akan mendarat di toko-toko manapun di tahun 2019 ini so be patience.

2. Spesifikasinya Gimana?

Mengingat ada bocoran tentang spesifikasi beberapa hari lalu, ternyata memang benar adanya. Spesifikasi yang dikatakan oleh Mark Cerny tidak jauh berbeda dari bocoran tersebut. Menggunakan processor generasi ke 3 dari AMD Ryzen 8 core 7nm Zen 2 microarchitecture. Menggunakan GPU custom Radeon Navy yang mampu support ray-tracing, sebuah teknologi pencahayaan detail yang kompleks dan mampu memberikan detail visual 3d secara menyeluruh. Tak hanya cahaya pada visual, Cerny juga menjeleskan bahwa ia juga akan memberikan detail audio selayaknya ray-tracing yang membuat suara lebih real dan terasa lebih hidup tanpa harus adanya hardware eksternal. Cerny sangat yakin bahwa CPU dan GPU terbarunya itu sanggup  menghadirkan apa yang diinginkan. Namun Cerny belum bisa berbicara banyak tentang teknologi VR pada console next-gen tersebut.

BACA JUGA  PSVR PlayStation 5 Akan Hadir Dengan Banderol Yang "Setara"

Cerny juga menyatakan akan menggunakan SSD dalam console next-gen ini. Dimana ia merasa bahwa SSD sekarang sangat mudah dijumpai dan memberikan performa yang luar biasa. Cerny juga mengklaim bahwa ia akan menggunakan SSD yang memiliki bandwith speed lebih cepat dari SSD yang digunakan pada PC.

3. Hasil dari Test dan Masalah

Cerny telah melakukan test game spiderman pada devkit yang telah dibuat. Pada test itu ia melakukan fast travel yang membutuhkan waktu 15 detik pada PS4, sekarang hanya membutuhkan waktu 0,8 detik! menggunakan Devkit tersebut. Selain itu Corney juga menjelaskan bahwa next-gen console ini nantinya akan support resolusi 8k!.

BACA JUGA  Tundukan Batman Arkham Series, Marvel's Spider-Man Jadi Game Superhero Terlaris di Amerika!

Kejutan yang juga tak kalah menarik bagi player Playstation juga adalah hadirnya Backward Compability pada console next-gen sony nantinya. Fitur ini sudah cukup lama absen dan nampaknya tak menjadi urgensi bagi pihak Sony, meski pesaingnnya sudah menggunakan fitur tersebut. Namun meski begitu Backward Compability yang ada, adalah kalian bisa memainkan game-game PS4 di PS5 atau Console Next-Gen Sony.

Cerny juga masih enggan untuk membicarakan fitur dan service,tapi ia mengatakan bahwa Console next-gen sony tetap menggunakan disc, dan tetap konsisten sebagai platform game yang berada pada ruang keluarga dan tetap seperti itu untuk 1 generasi lagi. Bukan full Cloud atau stream Based console layaknya Google Stadia.

4. Harga Konsol, Teknologi VR, Game yang Hadir?

Pertanyaan ini menjadi salah satu hal yang akan muncul di benak kalian ketika berhadapan dengan fakta akan adanya konsol baru. Namun sepertinya pertanyaan tersebut masih enggan atau sulit dijawab oleh seorang arsitek mesin seperti Cerny, hal seperti harga, sistem langganan ataupun service, nampaknya baru bisa dijawab oleh marketing atau yang bertanggung jawab akan hal itu.

Namun ketika berbicara tentang teknologi yang sedang naik daun yaitu Virtual Reality, Cerny menjawab bahwa teknologi tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi mereka sekarang ia juga menambahkan bahwaa headset VR yang ada sekarang kabarnya akan kompatible dengan next-gen konsol nanti. Meski begitu Cerny masih enggan menjawab secara detail mengenai teknologi tersebut.

BACA JUGA  Nintendo Anggap Cloud Gaming Sebagai Gagasan Yang "Kurang" Menjanjikan

Hadirnya game baru tentu jadi pertanyaan, apakah ada bocoran mengenai game apa yang nantinya dapat dimainkan di konsol tersebut ?. Selain game-game PS4 which is backward Compability game, nampaknya PS5 sendiri masih belum bisa menjawab pertanyaan tersebut, namun ketika situs Wired menanyakan mengenai game terbaru milik Hideo Kojima Death Stranding di PS5, salah seorang perwakilan diruangan tersebut berulang kali menjawab bahwa Death Strandng akan hadir di PS4. Namun raut muka Cerny tersenyum seperti mengisyaratkan game tersebut akan hadir di dua konsol tersebut.

Wacana mengenai hadirnya konsol terbaru milik Sony memang menjadi berita sangat dinanti oleh para penggemar setianya. Desas desus ini sebenarnya sudah didengungkan sedari awal tahun 2019, namun respon langsung dari Mark Cerny telah memberikan kejelasan dan juga harapan kedepan bagaimana konsol tersebut akan menjadi nantinya.


Jika kalian ingin membaca tulisanku lagi kalian bisa membacanya di link ini.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item