Sony Akhirnya Tunjukkan Joystick Baru untuk PS5! Siap Kenalkan Desain Konsolnya

in ,

Setelah Joystick baru, Sony siap umumkan hal yang lebih besar

Akhirnya setelah sekian lama kita menunggu, kita dapat melihat sosok dari Playstation 5. Atau setidaknya disini adalah joystick baru mereka yang baru saja diumumkan lewat blog resmi Playstation oleh Senior Vice President Platform Planning & Management – Hideaki Nishino. Dalam blog yang baru saja diunggah beberapa jam saat artikel ini dibuat Sony dengan bangga memperkenalkan generasi baru dari joystick mereka yang memiliki desain, fitur, serta nama baru yaitu DualSense.

Menggantikan nama DualShock yang telah digunakan Sony sejak lama, apa saja sebenarnya hal yang baru dari joystick DualSense ini? Dari desain tentu dengan jelas terlihat banyak perbedaan mencolok ketimbang pendahulunya. Joystick Playstation 5 ini kini terlihat lebih ‘bulky’ atau berisi ketimbang DualShock 4 yang masih terasa tradisional.

Desain baru ini sendiri membuatnya terasa segar dan modern apalagi kini Sony menyematkan warna dual-tone yang membuat joystick ini berbeda dari desain-desain sebelumnya. Desain ini sendiri diklaim Sony dipilih dari ratusan konsep yang telah mereka coba beberapa tahun ke belakang.

Sony sendiri mengatakan bahwa para desainer mereka juga melakukan perubahan bentuk di beberapa bagian untuk membuat joystick DualSense ini lebih nyaman digunakan oleh para gamer. Mulai dari feedback tombol yang kini menggunakan teknologi haptic feedback yang diklaim memberikan variasi sensasi baru.

Tombol trigger L2 dan R2 juga kini mengadaptasi teknologi adaptive trigger yang akan membuat kalian lebih merasakan aksi yang dilakukan seperti contohnya ketika kalian menarik panah saat akan menggunakan busur.

Tombol Share juga kini digantikan dengan tombol Create yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut ketika mendekati perilisannya. DualSense kini juga menambahkan mikrofon bawaan di dalam joysticknya sehingga kamu bisa langsung melakukan chat tanpa bingung mempersiapkan headset terlebih dahulu.

Sentuhan kecil lainnya adalah indikator lampu yang berpindah dari bagian atas joystick ke samping touch pad. Sayangnya dari yang ditampilkan sekarang, DualSense ini belum menggunakan teknologi layar touch seperti dari bocoran paten yang sempat mengemuka.

Di akhir blognya, Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan memberikan ucapan terima kasih sekaligus memberikan pengumuman bahwa peluncuran Playstation 5 ini tetap akan dilakukan pada musim liburan 2020 nanti (sekitar Oktober-Desember 2020) sekaligus bocoran bahwa mereka akan memperkenalkan desain dari konsol baru mereka tersebut pada bulan depan.

Dari desain serta skema warna dual-tone yang ada, apakah desain konsol Playstation 5 akan menggunakan desain yang sejalan dengan joysticknya? Dan kelihatannya kita bisa sedikit optimis bahwa desain final dari konsol PS5 ini nantinya akan sangat jauh berbeda dari dev kit yang telah banyak kita lihat beberapa waktu lalu. Sudah siap menyambut PS5?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Playstation 5 atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]