Sony Bersama AMD sedang Sibuk Kembangkan CPU Khusus untuk Konsol PS5 ?

in

Semakin menyerbaknya isu mengenai kemunculan konsol generasi selanjutnya membuat kita seringkali kaget dan seakan tidak siap untuk menerima segala perubahan tersebut. Kabar mengenai konsol PS4 yang saat ini memasuki jenjang akhir, beserta prediksi mengenai kapan konsol PS5 akan segera dirilis tentu adalah salah satunya.

Sekarang, entah demi membuat kalian semakin terpacu untuk menabung atau bahkan minder. Dilansir dari halaman profile Simon Pilgrim di linkedln, telah muncul satu hal yang mengisyaratkan bahwa Simon selaku Principal Programmer Sony tengah sibuk dalam menyempurnakan komponen LLVM dari suatu produk CPU. Atau dengan kata lain, Sony saat ini sedang berencana mengembangkan satu jenis prosesor yang nantinya akan menjadi mesin utama dari konsol Playstation 5.

Perhatikan kalimat “Active developer in LLVM based compiler for X86/SSE CPU targets”

Dikonfirmasi melalui situs Phoronix, pada Jumat lalu Simon telah mengirim suatu kode program “znver1” yang sudah diubah olehnya. Dimana “znver1” sendiri merupakan suatu kode penamaan yang biasa disematkan untuk produk AMD Ryzen generasi pertama. Dari sana, Simon sudah melakukan sejumlah perubahan, perbaikan, hingga penyempurnaan sistem LLVM yang telah tertanam di prosesor tersebut.

Hubungan kerja sama antara Sony dan AMD sendiri sudah terjalin begitu lama. Konsol PS4 saja nyatanya menggunakan prosesor AMD Jaguar yang juga sudah dimodifikasi dan dimotori dengan GPU Radeon yang pastinya berasal dari produk saingan Nvidia tersebut. Oleh karena itu, bisa diasumsikan bahwa Prosesor AMD generasi terbaru sekelas Ryzen kemungkinan besar dapat dijadikan sebagai basis utama dalam pengembangan konsol PS5.

Sampai saat ini masih belum ada konfirmasi secara jelas mengenai kapan konsol PS5 siap rilis di pasaran ? Namun, ada banyak pihak yang memprediksi bahwa konsol yang tergolong next gen tersebut pastinya akan segera meluncur di sekitaran tahun 2020 ke atas.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]