Sony Buat Paten Fitur Baru yang Bisa Mainkan Game ketika di-Download

Sony Buat Paten Fitur Baru

Sony Buat Paten Fitur Baru

Perusahaan Sony bisa menjadi salah satu yang terdepan dalam industri video game zaman now. Bukan hanya dari sajian gamenya saja, namun tiap generasi, konsol yang dirilis juga selalu menuai kesuksesan besar. Bahkan kesuksesan terdebut masih berlanjut melalui konsol terkini mereka yakni PlayStation 5.

Tentu popularitas konsol PlayStation juga datang dari sajian fitur-fitur unik yang berikan kemudahan kepada para penggunannya. Salah satunya yang terbaru dan sedang dalam tahap pengembangan adalah fitur memainkan game ketika masih di-download, yang mana fitur tersebut baru-baru ini dikabarkan telah dipatenkan oleh Sony.

Sony Buat Paten Fitur Baru, Bisa Mainkan Game Selagi di Download

Sony Buat Paten Fitur Baru, Bisa Mainkan Game Selagi di-Download

Lewat sebuah potongan dokumen paten fitur terkait yang telah beredar, bertajuk ACCELERATED APPLICATION START USING ESTIMATED PLAY DURATION” yang diajukan di bulan Agustus 2023, tercantum sebuah gambaran umum dari teknik yang digunakan untuk meningkatkan jalannya video game dengan memberikan pemain “separuh” porsi dari game yang sedang diunduh.

Separuh dari porsi game tersebut dijuluki dengan “application chunks“, dimana pemain dapat langsung memulai permainan selagi game dalam proses download dengan mengakses chunks yang ada. Selain itu, waktu pemain menyelesaikan tiap bagian permainan juga bakal menjadi prediksi oleh sistem. Jadi secara otomatis sistem bakal mengutamakan mengunduh chunks berikutnya untuk melanjutkan bagian game sebelumnya.

Cara kerja sistem Application Chunks

Salah satu kendala mungkin apabila pemain sudah menyelesaikan bagian dari permainan namun belum ada chunks yang selesai di download. Namun, pada saat itu terjadi pemain mungkin dapat mengeksplorasi bagian permainan lainnya selagi menunggu chunks berikutnya selesai di unduh. Terdapat juga fitur untuk mengakses chunks secara manual agar pemain dapat mengaturnya sesuai keinginan.

Berbeda dari Fitur “Preloading

Berbeda dari Fitur “Preloading

Beberapa platform lainnya sebenarnya sudah memiliki fitur yang cukup serupa, dimana pemain dapat mengakses game selagi proses download berlangsung. Namun proses yang umumnya dijuluki “preloading” tersebut memiliki kekurangan, yakni pemain harus mengunduh setidaknya separuh dari seluruh game dan tidak dapat dipilah sesuai keingian.

Meski begitu, fitur application chunks ini sepertinya masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan fitur bakal diluncurkan secara resmi dan bagaimana cara kerjanya di setiap game maupun apllikasi yang tentu memiliki mekanisme yang berbeda.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait PlayStation serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version