Sony Dikenakan Denda Akibat Ketentuan Refund Yang Melawan Kebijakan Pengembalian Barang di Australia

in

Sepertinya kabar buruk sedang melanda pihak Sony Computer Entertainment ini karena hal yang bertolak belakang. Mengapa tidak? Pasalnya mereka kedapatan denda yang dilayangkan oleh pemerintah pusat Australia. Kebijakan Sony saat pengembalian produk bertentangan dengan undang-undang konsumen Australia atau Australian Consumer Law (ACL) yang mengakibatkan denda sebesar 2.4 juta USD (3.5 juta dollar Australia).

Hal ini bermula saat 4 user Playstation membeli game secara online. Mereka mendapati kalau game yang dibeli tidak bisa didownload sehingga mereka menghubungi pihak Sony untuk melakukan pengembalian. Sony menjawab kalau game baru yang sudah didownload atau setelah 14 hari dari hari pembelian tidak bisa dikembalikan. Hal ini bertentangan dengan undang-undang konsumen Australia yang berlaku.

Sony mengatakan kepada salah satu user tersebut untuk meminta refund langsung ke publisher game tersebut. Lalu ada lagi konsumen ke-5 yang mendapat penawarn kalau refund hanya untuk via PlayStation Network Credit daripada uang cash.

Pada pertengahan Oktober 2017 dan Mei 2019, ketentuan layanan Sony Eropa menjelaskan kalau tidak ada jaminan bagi para konsumen atas “kualitas, kelayakan, kelengkapan, kepasan, atau performa” untuk software yang mereka donwload.

Tentu saja hal itu bertentangan dengan ACL dengan kata lain Sony Eropa bisa dikenakan denda. Ketua komisi persaingan usaha dan konsumen, Rod Sims mengatakan bahwa “Konsumen yang membeli produk digital online mendapatkan hak yang sama seperti saat mereka membeli produk di toko fisiknya.” Tidak peduli dimana kantor tersebut berada selama mereka menjual produknya ke konsumen Australia maka undang-undang tersebut tetap akan berlaku.

Mudah-mudahan saja berkat ini Sony akan melayani konsumennya dengan lebih baik lagi.


Baca pula informasi lain terkait Sony, atau artikel video game terkini dan anti-mainstream lain dari Farhan

For press release dan further collaboration, Contact me at [email protected]

Farhan

Written by Farhan

Give up until success. When success, don't forget to give up.