Tiru Microsoft, Sony Dilaporkan Akan Menaruh Iklan di Game Gratis

Tiru Microsoft, Sony Dilaporkan Akan Menaruh Iklan di Game Gratis

Sony dilaporkan akan menaruh iklan di game gratis sebagai upaya untuk menghasilkan keuntungan bagi para developer game free to play, agar mereka tetap membuat game sejenis kedepannya.

Membuat sebuah game free to play tentunya tidak akan memberikan keuntungan di awal – awal layaknya game berbayar, dimana para player harus membayar terlebih dahulu sebelum mencoba gamenya. Sedangkan game free to play membebaskan para player untuk mencoba gamenya terlebih dahulu tanpa harus membayar seperser pun.

Untuk itulah, banyak game sejenis yang menerapkan fitur lain untuk mendapatkan keuntungan seperti microtransaction yang paling sering diimplementasikan, dan iklan. Hal terakhir inilah yang kemungkinan akan dilakukan oleh Sony Playstation dalam game – game gratisnya.

Tiru Microsoft, Sony Dilaporkan Akan Menaruh Iklan di Game Gratis 3

Sony dilaporkan akan menaruh iklan di game gratis agar developer tetap termotivasi dalam membuat game gratis

Informasi ini kami peroleh melalui website Business Insider (Premium Subscription) yang menyatakan bahwa Sony Playstation saat ini tengah bereksperimen untuk mengimplementasikan iklan kedalam beberapa game free to play.

Tiru Microsoft, Sony Dilaporkan Akan Menaruh Iklan di Game Gratis 4

Hal ini bertujuan untuk memberikan keuntungan tambahan kepada developer, sehingga memberikan motivasi agar tetap membangun game sejenis, terutama setelah banyaknya demand atas game tersebut setelah adanya pandemi, sehingga memberikan pendapatan tambahan bagi para developer tersebut.

Langkah yang dilakukan oleh Sony juga sama dengan Microsoft, dimana nantinya iklan yang muncul tidak akan menganggu proses gameplay kita layaknya game mobile yang iklannya dimana – mana. Namun akan muncul sebagai ‘cameo’ saja di game, seperti billboard di stadium sepak bola, atau mungkin nanti sebagai merek minuman di dalam game.

Nantinya akan ada tipe iklan yang akan memberikan hadiah kepada players yang menonton iklan tersebut dalam beberapa saat.

Sony masih belum diketahui apakah akan mengambil sedikit bagian dari keuntungan iklan tersebut atau tidak, namun Sony kemungkinan akan mengambil sedikit biaya untuk para developer karena mereka menggunakan data para konsumer untuk kepentingan iklan.

Bagaimana menurut kalian? Apakah tidak masalah game free to play mengimplementasikan iklan ke dalam gamenya? Atau ada cara lain yang lebih efektif dalam mendapatkan keuntungan?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait berita game atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version