Sony Dilaporkan Tengah Kerjakan The Last of Us Remake dan Tolak Pengajuan Days Gone 2

in , , ,
Days Gone Screen 05 Overlook Ps4 Us 13jun16adada

Setelah suksesnya perilisan PS5, Sony saat ini dilaporkan tengah kerjakan sejumlah proyek terbaru. Beberapa diantaranya adalah The Last of Us remake yang dikabarkan sedang aktif dikembangkan. Namun, dibalik kesuksesannya, Sony juga dilaporkan tengah hadapi sejumlah masalah internal yang menyebabkan berbagai masalah dalam pengerjaan The Last of Us remake hingga ditolaknya pengajuan Days Gone 2.

Menurut laporan Bloomberg, pengembangan The Last of Us remake yang diberi codename T1X sudah mulai dikerjakan sebelum perilisan The Last of Us Part II. Saat itu, proyek dikerjakan oleh Michael Mumbauer, founder dari Visual Arts Service Group yang merupakan divisi support untuk membantu pengembangan sejumlah game keluaran Sony seperti Marvel’s Spider-Man dan Uncharted.

Awalnya, Mumbauer berniat untuk mengembangkan remake dari Uncharted pertama. Namun, setelah beberapa pertimbangan, proyek tersebut dibatalkan karena dianggap terlalu sulit dan akan memakan biaya yang banyak. Akhirnya, Mumbauer pun membentuk grup yang beranggotakan para developer untuk mengerjakan The Last of Us Remake.

Maxresdefault
The Last of Us (pic by: Sony)

Sayangnya, sebelum game rampung dikerjakan, Sony enggan memberikan bantuan finansial yang membuat para developernya meninggalkan proyek tersebut, termasuk Mumbauer. Hal tersebut membuat pengerjaan game tertunda hingga beberapa developer yang masih aktif dipindahkan ke Naughty Dog demi membantu pengembangan The Last of Us Part II.

Saat ini, pengembangan The Last of Us remake dikabarkan kembali dilanjutkan tanpa Mumbauer. Bersamaan dengan mode Multiplayer dari The Last of Us Part II yang rencananya akan rilis secara standalone.

Tetapi, nampaknya masalah tak berhenti disitu saja. Studio bernama Bend yang dikenal sebagai developer dari Days Gone sempat mengajukan pengembangan Days Gone 2 di tahun 2019. Namun, Sony menolak pengajuan tersebut dengan alasan bahwa Days Gone mendapat resepsi yang kurang memuaskan. Hingga pengembangan terpaksa harus dibatalkan.

Karenanya, beberapa staf dari Bend Studio merasa kecewa hingga banyak yang memilih untuk hengkang dari Sony. Kini, Bend Studio dikabarkan akan kembangkan game terbaru. Namun, saat ini pihak studio belum memberikan informasi apapun mengenai game terbarunya. Beberapa developer dari Bend Studio juga dipindahkan ke Naughty Dog untuk membantu pengembangan mode Multiplayer dari The Last of Us Part II.

Horde Days Gone
Days Gone (pic by: Sony)

Terlepas dari segala masalahnya, Sony tetap menjadi salah satu perusahaan video game terdepan di samping Microsoft dan Nintendo. Hal tersebut terbukti dengan kesuksesan peluncuran konsol PS5 yang hingga kini masih menduduki peringkat penjualan terbaik dibanding Xbox Series X/S. Terlebih saat ini Sony juga sedang memperluas kepopuleran gamenya dengan mengangkatnya menjadi film dan serial TV seperti Uncharted, The Last of Us dan Ghost of Tsushima.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait PlayStation serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.