Sony Segera Buka Divisi Game Mobile, Mau Bawa God of War hingga Uncharted ke Smartphone

in , , , ,
Sony Game

Sony beserta dengan IP game buatannya selalu melekat dengan konsol Playstation. Mereka kerap berani mengasosiasikan atau menggembar-gemborkan karyanya sebagai IP yang eksklusif. Alias, hanya bisa dirilis pada konsol PlayStation dan untuk PlayStation saja. Akan tetapi, prinsip tersebut diketahui nampak telah mulai luntur pada beberapa waktu belakangan. Rilisnya Horizon Zero Dawn dan Days Gone di platform PC menjadi semacam pemicu bagi Sony untuk mau membukakan pintu terhadap adanya platform lain.

Dan benar saja, tidak hanya platform PC yang perlahan sudah merangsek masuk ke game-game asli Playstation, dunia game mobile pun juga mulai ikut dibukakan pintu. Dilansir dari job listing atau lowongan kerja baru yang tengah Sony butuhkan saat ini, mereka kabarnya sedang mencari seseorang yang bisa menjadi kepala dalam memimpin pengembangan game mobile.

Seolah siap membuka adanya divisi baru bagi studio Sony, seorang “kepala” ini dijelaskan harus punya tanggung jawab besar untuk menyusun berbagai strategi pengembangan produk mereka di pasar mobile. Terutama dalam mengadaptasikan seluruh bentuk ekspansi IP-IP game ternama milik Sony ke mobile, beserta dengan perencanaan aspek ala game live services yang siap diimplementasikan dalam waktu roadmap selama 3 hingga 5 tahun ke depan.

Dengan nama-nama sekelas Gran Turismo, God of War, dan Uncharted sebagai franchise terlaris mereka, besar kemungkinan bila Sony akan mengawali terlebih dahulu ekspansi mereka di dunia pasar mobile atau smartphone melalui ketiga game tersebut.

Karena sebelumnya, Sony dikabarkan sedang memiliki fokus untuk semakin terus mengolah pengembangan franchise-franchise game mereka yang lebih sukses, ketimbang meneruskan franchise dengan resepsi yang tidaklah terlampau memuaskan atau besar. Hal itu berkaca dari kemunculan kabar pengembangan game remake The Last of Us pertama dan keputusan dalam menolak pembuatan sekuel bagi game Days Gone.

Sony pun diketahui cukup serius dalam menyediakan lowongan ini. Karena mereka berekspektasi bila sang kandidat harus punya kemamampuan untuk tidak hanya memimpin, tetapi juga menjaga keberlangsungan grup divisi mobile tersebut agar terus awet dan berkembang. Sony sendiri secara khusus memberikan syarat bagi sang pelamar bahwa para kandidat harus punya pengalaman minimal 15 tahun berkecimpung di dunia perencanaan bisnis.

Sumber: Job Listing (via Video Game Chronicles)


Baca pula informasi lain terkait Sony, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]