Sony Ingin Tambahkan Kustomisasi di Menu PS5 di Masa Datang

in ,
Ps5 Controller
Menu PS5 akan bisa dikustomisasi?

Meski belum dirilis secara global dan akan mulai debutnya di beberapa negara adidaya terlebih dahulu pada bulan ini dan akhir bulan November untuk seluruh dunia. Tak dapat dipungkiri bahwa antusiasme akan kehadiran PlayStation 5 memang sangat tinggi. Fitur baru seperti tak perlu keluar game untuk mengecek status download, hingga bisa menonton guide secara online jika menjadi anggota PSPlus merupakan salah satu keunggulan console asal Jepang tersebut. Tak terkecuali game eksklusif yang mereka tawarkan.

Hal menarik lain yang bisa disoroti dari PlayStation 5 adalah tampilan User Interface (UI) atau menu utamanya yang sangat simple saat pertamakali ditunjukkan kepada publik. Memberikan kesan modern yang representasikan “masa depan” dalam industrinya. Menariknya, Sony sepertinya merencanakan sesuatu yang berbeda untuk menu tersebut.

Melalui wawancananya dengan majalah mingguan Famitsu (via Twinfinite), Senior Vice President sekaligus Platform Planning & Management Sony Interactive Entertainment, Hideaki Nishino menjelaskan bagaimana UI PS5 bekerja. Konsep UI PS5 adalah memberikan penggunanya fitur bantuan dan pengalaman gaming yang lebih dalam.

Untuk melakukannya, mereka berikan Control Center yang mampu berikan akses ke semua informasi tentang gamenya. Nishino melanjutkan bahwa mereka juga akan mempertahankan beberapa elemen dari UI PlayStation 4 di console teranyarnya tersebut. Ia juga berharap player bisa beradaptasi dengan cepat dengan desain barunya.

Pada updatenya di masa datang, Nishino menjelaskan bahwa mereka ingin pertimbangkan untuk tambah elemen kustomisasi layaknya custom theme yang ada di PlayStation 4. Sayangnya, belum jelas apakah kustomisasi tersebut akan sama persis dengan theme PS4, atau bisa diatur sesuka hati.

PlayStation 5 rencananya akan dirilis tanggal 12 November 2020 di beberapa negara terpilih. Sementara sisanya seperti Eropa dan negara lain akan bisa mendapatkannya pada tanggal 19 November 2020 nanti.


Baca lebih lanjut tentang PlayStation 5, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.