Sony dikenal sebagai salah satu raksasa dunia teknologi yang berasala dari Jepang. Namun juga mereka dikenal sebagai raksasa dunia game. Terutama bisnis mereka dalam bidang prouksi konsol. Dimana konsol utama mereka Playstation bisa dibilang sebagai konsol game dengan penjualan terlaris. Mereka juga sering mematenkan berbagai hal terkait teknologi game.
Sony mematenkan robot pendamping dengan perasaan yang mirip binatang peliharaan untuk para gamer. Sony sedang mengerjakan atau, paling tidak, telah cukup memikirkan masalah tersebut untuk menjamin pengajuan paten sebuah robot yang dirancang untuk berfungsi sebagai pendamping bagi para gamer.
Paten, yang awalnya diajukan pada 2018, tetapi muncul di situs US Patent & Trademark Office awal pekan ini. Hal tersebut merinci sistem kontrol dengan jenis robot “tipe hewan peliharaan” atau pendamping realitas virtual, yang mampu untuk menyimpulkan perasaan pengguna, mulai dari suka dan duka hingga cinta dan dan kejutan, melalui data fotografi dan audio, kemudian merespons dengan tepat menggunakan gerakan, suara, bahkan ucapan.
“Untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain,” dokumen paten yang baru terungkap menjelaskan, “dikatakan bahwa pengalaman menonton bersama di mana orang melihat hal yang sama lebih efektif daripada hubungan tatap muka… Diketahui bahwa dengan melihat hal yang sama di tempat yang sama dan berempati satu sama lain, jarak ke orang lain dipersingkat dan pertalian dengan orang lain meningkat.”
Paten Sony kemudian menerapkan prinsip ini pada sesi permainan di mana robot reaktif yang dirancang khusus hadir “Diharapkan bahwa afinitas pengguna dengan robot meningkat dan motivasi untuk bermain game ditingkatkan dengan robot yang melihat permainan selanjutnya ke pengguna dan senang atau sedih bersama dengan pengguna. “
Sony juga membayangkan robot itu bisa “berpartisipasi dalam permainan sebagai pemain virtual dan … mengoperasikan tim lawan secara virtual”, yang dapat mengakibatkan robot tampak sedih jika kalah dalam pertandingan. Paten selanjutnya menyarankan teknologi dapat digunakan untuk menonton film atau acara TV, dan bahwa “diharapkan pengguna dapat lebih menikmati konten dengan melihat konten dengan robot dibandingkan dengan hanya menontonnya sendiri.”
Selain itu, paten menyarankan bahwa, jika ikatan positif terbentuk antara robot dan penggunanya, fungsionalitas robot dapat diperluas lebih jauh, untuk mencakup bidang-bidang seperti manajemen kehidupan “Jika pengguna hidup dalam kehidupan yang tidak teratur, robot. ..mungkin mengusulkan peningkatan ritme kehidupan, misalnya, mengatakan ‘Ayo tidur segera’ “.
oleh karena itu, hal ini menjadi sangat menarik terutama hal ini akan benar-benar jadi sebuah inovasi dalam dunia game, jika memang berhasil terwujud. Setidaknya ini akan menjadi pemecah masalah terhadap bagi mereka yang hanya bermain sendiri dan membutuhkan teman.
Sumber: eurogamer