Sony: Penyensoran Konten Dewasa Harus Kami Lakukan Demi Melindungi Anak-anak


Follow Us

Plus demi menyesuaikan standar yang berlaku.

Sebagai salah satu pelaku industri game yang punya nama besar, Sony tak lama telah memberlakukan suatu regulasi yang mengundang banyak pro dan kontra bagi penggemarnya. Mereka kali ini tengah sibuk dalam memfilter konten-konten game PS4 yang mereka anggap tak pantas dan harus segera disensor. Tidak diketahui secara pasti apa motif utama Sony dalam melakukan hal tersebut. Yang jelas, game-game Anime berunsur fan-service di PS4 telah banyak menjadi korban dari keganasan Sony dalam menegakkan statuta mereka.

Nulis artikel dibayar

Namun, kini kita akhirnya bisa mendengar klarifikasi langsung dari pihak Sony yang diwakili oleh Atsushi Morita terkait masalah penyensoran itu. Bertindak sebagai presiden dari Sony Interactive Entertainment Japan, beliau dalam meeting terbukanya mengungkapkan bila tidak ada maksud terselubung dari Sony untuk menyensor konten-konten dewasa di platform mereka selain demi menyesuaikan standar-standar yang telah lama berlaku.

Mengenai regulasi kami tentang aturan penggambaran konten, ini murni hanya merupakan upaya penyocokan standar secara lebih mengglobal.

Karena kita juga merasa perlu untuk memikirkan hal apa yang sangat tak pantas bagi para anak-anak, serta upaya kami dalam melindungi mereka. Di satu sisi, kami memang juga harus memikirkan dan menilai cara-cara terbaik dalam menyeimbangkan permasalahan.

– Atsushi Morita, presiden SIE Jepang

Niat Sony memang bisa dibilang cukup mulia, akan tetapi bisa jadi agak membingungkan bila konten dewasa yang sebaiknya dihindarkan dari jangkauan anak-anak hanya merupakan konten yang berbau pornografi saja, bukan termasuk kekerasan. Konten-konten yang sudah Sony sensor semuanya merupakan game dengan rating yang ditujukan untuk para gamer dewasa. Begitu pula dengan game-game yang memiliki unsur kekerasan di dalamnya.

BACA JUGA  Eksekutif PlayStation: Masih Banyak Player yang Nantikan Game Singleplayer

Jika upaya ini hanya difokuskan untuk konten yang bersifat sensual semata, apakah dengan ini Sony ternyata juga berencana untuk menyensor seluruh isi konten-konten “laknat” yang ada di dalam game-game eksklusif teranyar mereka, seperti The Last of Us Part II, Days Gone, Ghost of Tsushima, hingga Death Stranding ? Hmm, Kita tunggu saja penjelasan lebih lanjut dari Sony.

BACA JUGA  Karakter Companion The Outer Worlds Dapat Tinggalkan Karaktermu Apabila Sudah Terlalu Emosi

Sumber: Ebitsu


Jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Sony, beserta dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+